Breaking News:

Berita Belitung

GeNose Mulai Diberlakukan Sebagai Syarat Penerbangan Udara, Bandara HAS Hanandjoeddin Tunggu Ini

Kementerian Perhubungan, Kamis (1/4/2021) sudah memberlakukan GeNose C-19 pada moda transportasi udara.

Tribunnews.com/ Bambang Ismoyo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan uji coba penggunaan alat deteksi Covid-19 GeNose C19 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (24/1/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kementerian Perhubungan, Kamis (1/4/2021) sudah memberlakukan GeNose C-19 pada moda transportasi udara.

Pemberlakuan tersebut diatur dalam surat edaran (SE) nomor 26 tahun 2021, tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri menggunakan transportasi udara pada masa pandemi covid-19.

Penerapan itu sudah diberlakukan di seluruh Bandara di Indonesia, tidak terkecuali di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung.

Executive General Manager (EGM) PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara HAS Hanandjoedin Untung Basuki mengatakan, dalam bulan April 2021 ini, Bandara HAS Hanandjoeddin memberlakukan GeNose sebagai satu diantara syarat yang diberikan kepada penumpang.

"Belitung sedang proses, dalam waktu dekat sama seperti Bandara lain, menerapkan GeNose juga," kata Untung Basuki kepada Posbelitung.co, Kamis (1/4/2021).

Satu di antara menjadi fokus penggunaan GeNose C-19 ini, sebagai bentuk deteksi dini penyebaran covid-19 berbasis embusan napas.

Ini sebagai alternatif skrining kesehatan pelaku perjalanan orang dalam negeri, pada moda transportasi udara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan, menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021.

Transportasi udara, rute domestik akan mulai menggunakan GeNose C-19 sebagai alat deteksi dini, terutama agar memastikan penumpang tersebut negatif covid-19.

"Kami akan mulai menggunakan GeNose C19, ini sebagai salah satu alternatif persyaratan calon penumpang untuk dapat terbang. Tapi sementara ini akan dimulai pada empat Bandara di Indonesia," kata Novie Riyanto melalui rilis.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Eltjandring
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved