Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Semua Moda Transportasi Darat, Laut dan Udara Tak Boleh Beroperasi Mulai 6 Hingga 17 Mei 2021

Semua moda transportasi darat, udara, laut dan sungai tidak boleh beroperasi pada 6 Mei - 17 Mei 2021.

Dok/T Angkasa Pura II Cabang Tanjungpandan
Suasana Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Semua moda transportasi darat, udara, laut dan sungai tidak boleh beroperasi pada 6 Mei - 17 Mei 2021.

Untuk transportasi darat termasuk angkutan kereta api (KA) dilarang mengangkut penumpang.

Larangan total operasi semua moda transportasi ini diputuskan pemerintah Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Hal itu dilakukan agar pelaksanaan kebijakan larangan mudik lebaran yang diberlakukan pemerintah demi menekan penyebaran corona tahun ini berjalan efektif.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan larangan tersebut diatur dalam Peraturan menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri Dalam Rangka Pencegahan Covid-19.

"Pengendalian transportasi dilakukan melalui larangan penggunaan, operasi sarana dan prasarana untuk semua moda transportasi," katanya dalam Konferensi Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia Per 8 April 2021 dan Sosialisasi Regulasi Larangan Mudik 2021, Kamis (8/4/2021).

"PM ini berlaku mulai 6-17 Mei 2021. Kemudian, dalam PM ini juga mengatur pengecualian terhadap transportasi yang boleh melakukan mobilitas pada masa libur lebaran," kata Adita.

Selain itu Adita juga menyebutkan bahwa dalam PM No 13 Tahun 2021 diatur ketentuan pergerakan transportasi pada periode 6-17 Mei 2021 dalam wilayah aglomerasi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyebutkan, pada sektor transportasi jalur darat pihaknya akan melarang kendaraan umum seperti bus yang mengangkut penumpang dan juga travel melakukan perjalanan ke luar wilayah pada periode Mudik Lebaran 2021.

"Larangan juga berlaku kepada kendaraan bermotor perseorangan penumpang seperti mobil dan sepeda motor tidak diizinkan melakukan perjalanan," ujar Budi.

Halaman
123
Editor: Fitriadi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved