Breaking News:

Berita Belitung Timur

14,5 Ton Beras Danau Nujau Sudah Terjual Pasca Imbauan Konsumsi Beras Lokal

Sebanyak 14,5 ton beras produksi petani Danau Nujau sudah terjual pasca imbauan bupati tentang mengonsumsi beras lokal

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Seorang pegawai Dinas Pertanian saat menimbang beras sebelum sampai ke tangan konsumen, Senin (19/4/2021) di Kantor Dinas Pertanian Belitung Timur. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 14,5 ton beras produksi petani Danau Nujau sudah terjual pasca imbauan bupati tentang mengonsumsi beras lokal. Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Belitung Timur Heriyanto saat ditemui pewarta di ruang kerjanya, Senin (19/4/2021).

Dia mengatakan memang ada peningkatan yang signifikan setelah adanya surat edaran bupati tersebut. Orang yang membeli pun, lanjutnya, menilai beras produksi Danau Nujau saat ini sudah jauh lebih berkualitas dibandingkan sebelumnya.

"Kata orang-orang yang beli yang sekarang lebih pulen dan enak. Apalagi harganya juga bersaing dengan produk beras lain. Dari segi packaging juga sudah bagus saat ini," katanya.

Heriyanto bilang Bappelitbangda sebagai OPD yang paling banyak membeli beras dari petani danau nujau itu, yaitu 500 kilogram. Diikuti oleh Satpol PP sebanyak 250 kilogram. Selebihnya dibeli oleh pegawai-pegawai Pemkab dan warga yang memang sudah tahu sebelumnya.

Tak hanya beras putih, beras merah pun diproduksi oleh para petani di Gantung itu. Sampai hari ini sudah lebih dari 610 kilogram beras merah yang terjual dengan harga Rp 14 ribu per kilogram. Sedangkan beras putih terjual 13,9 ton dengan harga Rp 11 ribu per kilogram.

Heriyanto bilang saat ini persediaan beras tersebut di kantornya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai menjelang idulfitri. Namun memang ia mengakui karena masyarakat luas belum sepenuhnya tahu soal beras ini, membuat produsen hanya mengandalkan pembelian dari para pegawai.

Selain itu, keterbatasan distributor juga menjadi penghalang perluasan pasar beras lokal ini. Heriyanto bilang akan terus melakukan pendekatan kepada petani dan para distributor agar bisa bekerjasama supaya pasar lebih luas.

"Kita akan terus dorong supaya petani kita sejahtera dengan terus memproduksi dan konsumen makin banyak mengonsumsi beras ini," katanya.

Sebelumnya, Bupati Belitung Timur Burhanudin mengeluarkan Surat Edaran nomor 015/SE/VIII/2021 tentang Imbauan Mengonsumsi Beras Lokal pada Rabu (31/3/2021) lalu. Imbauan ini ditujukan khususnya kepada pegawai di setiap OPD Pemkab Beltim agar mengonsumsi beras lokal hasil produksi petani.

Burhanudin mengatakan hal ini sebagai wujud nyata dukungan pemerintah dalam mendorong produksi petani lokal.

"Pemerintah bertanggung jawab memfasilitasi ini. Jadi saya minta ke OPD-OPD untuk koordinasi dengan Distangan berapa kebutuhan beras pegawai di OPD-nya masing-masing," kata Aan sapaan akrabnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved