Breaking News:

Berita Belitung

Bidang Pengelolaan Sampah Usulkan Tempat Sampah Khusus Masker

Jadi masih akan kami ajukan,  masih proses akan kami koordinadikan dengan kepala Dinas, dimana saja nantinya tempat sampah khusus masker

KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN
Ilustrasi menggunakan masker 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabid pengelolaan sampah dan B3, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Belitung, Lutfie Avian menyampaikan saat ini bidangnya sedang berencana mengusulkan tempat sampah khusus limbah masker dari aktivitas masyarakat sehari-hari.

Dia menjelaskan Limbah masker tersebut bukan lah hasil dari aktivitas medis, yang mana pengelolaannya di masyarakat masih bersifat individu, yakni dibuang langsung ke tempat sampah bersama dengan limbah rumah tangga lainnya.

"Jadi masih akan kami ajukan,  masih proses akan kami koordinadikan dengan kepala Dinas, dimana saja nantinya tempat sampah khusus masker itu dipasangnya, misal di area publik yang lumayan ramai pengunjungnya," ujarnya kepada posbeltung.co, Selasa (20/4/2021).

Namun untuk masker dan limbah medis hasil aktivitas medis baik itu penanganan covid-19 atau medis lainnya, dijelaskannya memang ada penangan khusus, oleh masing-masing fasilitas Pelayanan Kesehatan (fasiankes) karena masuk satu di antara limbah B3.

"Kalau cuman penggunaan  induvidu dalam penggunaan sehari-hari belum termasuk dalam limbah B3, kecuali yang sudah terpapar covid-19, nah yang ini tetap dikontrol oleh petugas Fasiankes yang mengontrol pasien tersebut jadi harus ada penampungan khusus limbah medisnya," ujarnya.

Setelah itu, menurutnya, terakhir baru lah dilakukan penanganan pengelolaan yang bekerja sama dengan RSUD Marsidi Judono untuk dimusnahkan dengan alat mesin Incenerator. Mesin ini memiliki tingkat panas yang cukup tinggi dengan panas di atas 800 derajat celcius, sehingga pembakaran benar-benar sempurna.

(Posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved