Breaking News:

Berita Belitung

Loka POM Belitung Cek Swalayan Masih Temukan Makanan Kedaluwarsa

Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) menggelar intensifikasi menjelang Idulfitri 2021. Aktivitas itu dilakukan di swalayan dan

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Pengecekan produk pangan di swalayan, Senin (10/5/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) menggelar intensifikasi menjelang Idulfitri 2021. Aktivitas itu dilakukan di swalayan dan distributor terkait aspek cara ritel pangan yang difokuskan pada produk tanpa izin edar, rusak, dan kedaluwarsa. Di Belitung, berdasarkan pengawasan masih ditemukan produk yang tidak memenuhi ketentuan tersebut. 

"Jumlah temuannya ada satu produk rusak, lima produk tanpa izin edar, dan dua produk kedaluwarsa," ujar Kepala Loka POM Belitung Singgih Prabowo Adi, Senin (10/5/2021). 

Makanya, dari pemeriksaan ke 11 sarana, hasilnya ada enam sarana yang memenuhi ketentuan, sementara lima di antaranya tidak memenuhi ketentuan. 

Sementara itu, di Kabupaten Belitung Timur, Loka POM juga menemukan dua produk rusak. Sehingga dari dua sarana yang diperiksa, satu di antaranya tidak memenuhi ketentuan. 

Makanya, Singgih mengimbau masyarakat dalam membeli kebutuhan produk kemasan agar tetap melakukan cek KLIK. Yaitu mengecek label, kemasan, izin edar, dan masa kedaluwarsa produk. 

Selain pengecekan terhadap produk di swalayan dan distributor, Loka POM juga mengambil sampel pada makanan berbuka puasa serta jajanan lebaran. Di Belitung, sebanyak 66 sampel telah diuji, sementara di Belitung Timur ada 61 sampel yang diuji. 

Dari hasil pengecekan kandungan boraks, formalin, rhodamin B, dan methanyl yellow yang dilakukan, maka semua sampel diuji aman dari bahan berbahaya.

Dalam mengecek dan mengawasi pangan tersebut, Loka POM juga bekerja sama dengan dinas kesehatan serta dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung. (Posbelitung.co/AdelinaNurmalitasari) 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved