Virus Corona di Belitung

Update Covid-19 Belitung ,115 Orang Kasus Aktif di Belitung, Total yang Meninggal Dunia 47 Orang

Terdapat 115 orang di Kabupaten Belitung, Kamis (20/5/2021) terdata sebagai kasus aktif atau sedang menjalani isolasi, lantaran tertular covid-19.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Darwinsyah
Ilustrasi Pasien Covid-19 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Terdapat 115 orang di Kabupaten Belitung, Kamis (20/5/2021) terdata sebagai kasus aktif atau sedang menjalani isolasi, lantaran tertular covid-19.

Ratusan orang tersebut, 22 orang menjalani isolasi di RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, 93 orang menjalani isolasi mandiri.

"Untuk hari ini ada 19 orang kasus baru, tapi ada pula yang selesai menjalani isolasi, itu ada 10 orang," kata Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono kepada Posbelitung.co, Kamis (20/5/2021).

Secara keseluruhan, data kasus Covid-19 di Belitung hingga sekarang sudah mencapai 2.280 orang. Namun dari data tersebut, 2.119 orang sudah selesai menjalani isolasi.

Sedangkan untuk kasus meninggal dunia, terdata dari bulan Maret 2020 lalu ada 47 kasus.

Ia mengingatkan kepada masyarakat, agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama menjalankan berbagai aktivitas. Hindari berkumpul, dan selalu mencuci tangan.

"Jangan abaikan prokes, dan selalu gunakan masker. Walaupun sekarang vaksin covid-19 sudah ada, prokes tetap harus jadi prioritas," ingat Joko.

Satu Orang Meninggal Dunia

Satu orang di Kabupaten Belitung, Kamis (20/5/2021) meninggal dunia setelah terpapar Covid-19. 

Warga yang meninggal dunia tertular Covid-19 tersebut seorang perempuan berinisial NY berusia 54 tahun warga Jalan Aik Baik, Kelurahan Aik Pelempang Jaya, Tanjungpandan, Belitung.

Pasien tersebut meninggal dunia, Rabu (19/5/2021) sekitar pukul 23.50 WIB.

Pasien ini sempat menjalani perawatan di IGD RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung sebelum dinyatakan meninggal dunia.

"Pasien ini dalam kondisi tidak sadar diantar ke IGD. Kondisi nadinya sudah tidak teraba dan tidak lagi bernapas. Setelah di cek swab antigen, hasilnya positif," kata Kabag TU UPT RSUD H Marsidi Judono Kabupaten Belitung Ika Harniati kepada Posbelitung.co, Kamis (20/5/2021).

Dari penjelasan keluarga, kata dia, sejak kurang dari satu jam sebelum masuk rumah sakit, pasien ditemukan sudah tidak sadarkan diri dan tidak bernapas.

"Informasinya, tiga hari sebelum ini, pasien saat dirumah sudah dalam keadaan mengeluh sesak napas, dan saat berbaring kondisi sesaknya semakin parah," ungkap Ika.

Selain itu, pasien ini memiliki komorbid kencing manis dan darah tinggi. Pasien ini merupakan kasus ke 47 terjadi di Belitung. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved