Breaking News:

Berita Belitung

Pendaftaran BPUM atau BLT UMKM Tahap Kedua Dibuka, Cek Informasi Lengkap dan Persyaratannya  

Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap dua kembali dibuka pada 2-15 Juni 2021. Bantuan bagi para pelaku usaha senilai Rp1,2 Juta

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Koordinator BPUM Belitung Fita Elyana, Kamis (3/6/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG - Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap dua kembali dibuka pada 2-15 Juni 2021. Bantuan bagi para pelaku usaha senilai Rp1,2 Juta ini diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro yang belum mendapat bantuan tahap pertama.

"Bantuan ini hanya sekali dalam setahun, sehingga UMKM yang telah mendaftar tahap pertama tidak boleh mendaftar tahap kedua. Jadi yang belum sempat daftar, kami persilakan daftar buat tahap kedua," kata Koordinator BPUM Belitung Fita Elyana, Kamis (3/6/2021).

Melihat potensi pelaku UMKM Belitung, menurutnya pada pendaftaran tahap kedua ini akan banyak. Apalagi berdasarkan data realisasi penerima BPUM 2020 baru ada 247 UMKM.

Dari sekitar 5 ribu UMKM yang diusulkan sebagai penerima BPUM 2020, baru sekitar 2 ribu yang bantuannya akan cair. Ditambah 1.466 penerima BPUM 2021 tahap pertama, sehingga kemungkinan pendaftar masih akan banyak.

Fita menjelaskan, pendaftaran BPUM ini dilakukan terpusat di Gedung PLUT, Kelurahan Parit Tanjungpandan yang berada dalam naungan Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung. Pendaftar bisa menyerahkan dokumen yang dipersyaratkan pada hari kerja pukul 9.00-15.00 WIB.

Nantinya dokumen yang diserahkan akan diverifikasi karena ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Seperti foto lokasi usaha dan produk, juga usaha sudah harus berjalan minimal enam bulan.

Legalitas usaha juga harus terdaftar via OSS (operations support system), sehingga nantinya pelaku usaha mendapat IUMK (izin usaha mikro kecil) dan NIB (nomor induk berusaha). Juga tetap harus mengurus IUMK manual di kecamatan.

"Yang mengajukan kami cek berkasnya, kami ada daftar ceknya. Kalau tidak sesuai kami kembalikan berkasnya," imbuh dia.

Secara umum, proses, mekanisme, dan persyaratan penerima BPUM tahap dua sama dengan BPUM tahap satu.

Ia menambahkan, buat realisasi penerima BPUM tahap satu, saat ini belum ada SK dari Kementerian Koperasi dan UKM, juga dari dinas terkait di Provinsi Bangka Belitung.

Namun calon penerima dapat mengecek e-form BRI, sehingga UMKM ini sudah terdata bisa mencairkan. Ada sebanyak 1.466 usaha di Belitung yang menerima bantuan Rp1,2 juta tersebut.

"Jadi ketika dapat SMS blast, mereka bisa cek e-form BRI, ketika sudah terdaftar langsung bisa pencairan," tambah Fita. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Berikut ini persyaratan dokumen pendaftaran BPUM :

- Fotokopi KTP (1 lembar)
- Fotokopi KK (1 lembar)
- Fotokopi IUMK (1 lembar)
- Fotokopi NIB (1 lembar)
- Nomor hp
- Foto produk/foto lokasi usaha (1 lembar)

Persyaratan umum bagi pendaftar BPUM.
- Bukan ASN/TNI/Polri
- UKM tidak ada kredit KUR dari perbankan
- Usaha masih berjalan
- Pelaku usaha mikro atau omzet penjualan di bawah Rp300 juta per tahun.

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved