Breaking News:

Pertumbuhan Kredit Melambat Justru Saat Suku Bunga Perbankan Turun

Secara umum stabilitas industri jasa keuangan masih terjaga, terutama pada aspek kecukupan permodalan dan likuiditas.

Editor: Tedja Pramana
kompas.com
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso memberikan keterangan pers di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (22/1/2020). 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Pertumbuhan kredit sempat melambat pada April 2021, padahal pada saat bersamaan suku bunga kredit perbankan sedang mengalami tren penurunan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, meskipun pada Mei 2021 kredit perbankan tumbuh positif 0,59 persen secara bulanan atau month to month (mtm), namun pada April 2021 kredit perbankan terkontraksi 0,26 persen mtm.

"Kontraksi kredit tersebut terjadi pada saat suku bunga kredit perbankan telah menunjukkan tren penurunan. Pada kondisi normal, tingkat suku bunga berpengaruh cukup signifikan mendorong permintaan kredit," tuturnya dalam diskusi virtual, Selasa (6/7).

"Namun, pada kondisi pandemi, permintaan kredit menjadi inelastis, dan perubahan suku bunga kredit tidak berpengaruh besar terhadap permintaan kredit," tambah Wimboh.

Lebih lanjut Wimboh menjelaskan, di tengah pandemi yang masih berlangsung, secara umum stabilitas industri jasa keuangan masih terjaga, terutama pada aspek kecukupan permodalan dan likuiditas.

Namun demikian, Ia mengakui, penyaluran kredit ke depannya berpotensi kembali mengalami tekanan seiring dengan pemberlakuan kebijakan pengendalian penyebaran Covid-19 melalui PPKM Miko dan PPKM Darurat.

"Untuk itu, pertumbuhan kredit bergantung pada pemulihan confidence pelaku usaha dan normalisasi aktivitas sosial ekonomi masyarakat," ujarnya.

Guna meningkatkan kembali kepercayaan pelaku usaha, Wimboh menekankan pentingnya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, khususnya di tengah penyebaran varian baru virus corona.

"Diharapkan program vaksinasi oleh pemerintah maupun dunia usaha secara mandiri serta kebijakan PPKM Darurat berjalan dengan lancar dan efektif untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional dan pertumbuhan sektor keuangan," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suku Bunga Perbankan Turun, Permintaan Kredit Justru Melambat"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved