Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Penggunaan Gelang Oranye bagi Masyarakat Isoman dan Gelang Hijau bagi Kontak Erat Mulai Diberlakukan

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, upaya Kabupaten Belitung keluar dari 10 Kabupaten kota yang angka kofirmasi positif Covid-19 tinggi.

Penulis: Suharli | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Suharli
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie usai melaukan pemantaun ke rumah sakit dan klinik, Senin (2/8/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, upaya Kabupaten Belitung keluar dari 10 Kabupaten kota yang angka kofirmasi positif Covid-19 tinggi.

Menurutnya masuknya Belitung sebagai satu diantara kabupaten/kota yang kasus positif Covid-19 tertinggi adalah suatu peringatan.

Tentunya ada penyebabnya diantaranya protokol kesehatan menurun, disipilin dan komitmen menurun serta banyak masyarakat yang menyembunyikan kasus positif di rumah masing-masing termasuk kontak erat.

"Jadi itu menjadi penyebab sulitnya memutus mata rantai (covid-19) seperti tahun lalu. Ini seharusnya jadi momentum kita mengembalikan seperti tahun lalu, diantaranya memastikan RS dan klinik menginput semua orang yang di periksa, apapun hasilnya harus diinput secara realtime, dan harus diberikan gelang," ungkap Isyak kepada Posbelitung.co, Senin (2/8/2021).

Gelang itu nantinya akan ada dua warna, yakni warna oranye untuk warga yang isoman dan warna hijau untuk yang kontak erat.

"Orang yang datang periksa itu kemungkinan hanya dua, pertama karena ada gejala dan kontak erat, kedua dia yang mau perjalanan. Kalau sudah dua itu kita harus pasangkan gelang untuk tanda pengenalnya agar masyarakat juga dapat membantu mengawasi," jelas Isyak.

Menurutnya kelemahan dari pengawasanlah yang menyebabkan transmisi menjadi luas.

Dia mengatakan, surat edaran penggunaan gelang sudah di edarkan oleh Kabag Ops Polres Belitung, kesemua fasilitas kesehatan temasuk Puskemas

"Tinggal mengintensifkan pengawasan dari masyarakat dan aparat," ujarnya.

Menurutnya penggunaan gelang sebagai tanda memang sempat terhenti dulunya, karena Belitung saat itu sudah berada di zona hijau dan membuka pintu masuk udara dan laut, sehingga penggunaan saat itu sudah tidak relevan.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved