Breaking News:

Berita Belitung Timur

Wakil Gubernur Bangka Belitung Resmikan Lab Fiber Optik SMK Negeri 1 Manggar  

SMK Negeri 1 Manggar Belitung Timur (Beltim) menjadi satu-satunya sekolah kejuruan yang memiliki kompetensi teknologi komputer dan jaringan di Provins

Penulis: Suharli | Editor: Fery Laskari
istimewa
Wagub Babel Abdul Fatah meninjau Ruang Otomotif SMK Negeri 1 Manggar, Beltim, Kamis (5/8/2021).(Istimewa/ dok Pribadi) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - SMK Negeri 1 Manggar Belitung Timur (Beltim) menjadi satu-satunya sekolah kejuruan yang memiliki kompetensi teknologi komputer dan jaringan di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Hal ini disampaikan Wakil Gubernur  (Wagub) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, usai penanda-tanganan dan peresmian Lab Fiber Optik Kelas Khusus Telkom Indonesia di SMK Negeri 1 Manggar.

Selain itu SMK Negeri 1 Manggar juga menjadi satu di antara 49 SMK sejenis di 34 provinsi se-Indonesia yang memiliki kompetensi tersebut.

"Sama berkompetensi teknologi komputer dan jaringan. Kami siapkan  dalam menggapai hal ini, (kedepan) akan banyak tenaga ahli yang mampu mentransfer kemampuan pada SDM SMK," ujar Fatah, Kamis (5/8/2021).

Dia juga menyampaikan, kerja sama SMK Negeri 1 Manggar dan PT Telkom merupakan perwujudan Inpres Nomor9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK. Di mana katanya, didalam Inpres dijelaskan bahwa satu di antara cara melakukan revitalisasi melalui sinkronisasi kurikulum.

"Apa yang dilakukan saat ini terkait membangun SDM siswa yang berbasis teknologi Telkom dan memiliki kompetensi komputer dan jaringan," ujar Fatah.

Dia menegaskan, teknologi komputer dan jaringan saat ini merupakan satu hal yang lumrah. Sebagaimana diketahui, secara global telah terjadi pergeseran dari teknologi konvensional menjadi digital.

"Kita masuk juga di gerbang revolusi industri 4.0 maupun 5.0 dan mau tidak mau masuk dalam kondisi tidak nyaman yaitu Pandemi Covid-19. Ini harus kita sikapi secara tersendiri yaitu membatasi kegiatan tapi tetap tidak boleh diam berpangku tangan dan aktifitas berjalan," urainya. 

Pada akhirnya Fatah memastikan, pergeseran teknologi konvensional ke digital hanya bisa terjadi melalui transfer pengetahuan kepada masyarakat yang berkaitan teknologi informasi dan komunikasi.

"Ini sejalan dengan gagas oleh Pemerintah Provinsi melalui SMK 1 Manggar. Kita cukup banyak memiliki SDM di Babel tetapi yang berkaitan kerjasama membangun basic kemampuan pada siswa melalui teknologi dan jaringan hanya disini tempatnya," kata Fatah.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Manggar Triyudo Hendro Sasongko menyampaikan bahwa kerjasama dengan PT Telkom Indonesia merupakan rangkaian program kerja sekolah.

"Ini membangun kemitraan dengan dunia industri dan dunia kerja dalam rangka meningkatkan mutu lulusan SMK Negeri 1 Manggar, khususnya kompetensi keahlian TKJ," ujar Hendro.

Hendro menjelaskan, SMK Negeri 1 Manggar bersama Telkom berkomitmen untuk menyelaraskan sebagaimana anjuran Direktorat SMK. 

Antara lain kurikulum disusun bersama, melakukan pembelajaran berbasis project riil dari dunia kerja, menghadirkan guru tamu atau instruktur telkom di sekolah, praktek kerja lapangan di Telkom Indonesia, sertifikasi kompetensi yang sesuai standar Telkom bagi siswa dan guru.

Selain itu, update teknologi dan pelatihan bagi guru instruktur secara rutin, riset serapan yang mendukung teaching factory dan komitmen serapan lulusan serta ikatan dinas, beasiswa hingga bantuan CSR.

"Bahkan kami akan tingkatkan rencana kerja sama ini untuk diteruskan sampai ke perguruan tinggi (STT Telkom Bandung)," kata Hendro. (Posbelitung.co/Rilis/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved