Breaking News:

Berita Belitung Timur

Lokakarya 0 Guru Penggerak Belitung Timur Resmi Dibuka, Diikuti 35 Guru SD-SMA

Lokakarya Perdana Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) resmi dibuka oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
(Posbelitung.co/ist.DiskominfoBeltimTasya)
35 Peserta Guru Penggerak berfoto bersama Bupati Beltim seusai pembukaan lokakarya, Sabtu (9/10/2021) di Auditorium Zahari MZ, Manggar. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Lokakarya Perdana Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) resmi dibuka oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin, Sabtu (9/10/2021) di Auditorium Zahari MZ, Manggar.

Kepala Dinas Pendidikan Amrizal menjelaskan bahwa PGP merupakan program pusat yang diluncurkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia Nadiem Anwar Makarim yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar. 

"Salah satu kegiatan untuk menciptakan SDM yang unggul khususnya untuk tenaga pendidik guru, dan kegiatan ini merupakan kegiatan berkesinambungan," jelas Amrizal seperti dalam rilis Diskominfo Beltim kepada posbelitung.co, Sabtu.

Amrizal juga turut menjelaskan bahwa kegiatan Sekolah Penggerak ini sudah ditata secara online untuk persiapan menciptakan SDM unggul yang mana di dalam kegiatan ini terdapat Guru Penggerak dan Guru Praktik. Guru Penggerak ini merupakan pemimpin pembelajaran yang fungsinya ditujukan untuk mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujdukan profil pelajar Pancasila.

"Jadi mindsetnya dari SDM yang unggul ini akan menghasilkan siswa yang unggul, anak-anak didik yang nasionalis, dan pancasilais tentunya sesuai dengan visi misi pendidikan kita dan mereka-mereka ini merupakan calon-calon kepala sekolah," ujarnya.

Turut dijelaskan oleh Amrizal setelah tersedianya Guru Penggerak, maka diharapkan akan terwujudnya Sekolah Penggerak yang nantinya akan dipimpin oleh Kepala Sekolah Penggerak. Kemudian dari kumpulan-kumpulan Sekolah Penggerak nantinya akan menjadikan Kabupaten Beltim sebagai Kabupaten Penggerak.

“Angkatan keempat ini ada 35 peserta dan semuanya murni online. Dari semua dokumen, tes serba online dan dikoordinasikan oleh pusat,” tambah Amrizal.

Amrizal juga turut mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang sudah mendukung program pemerintah dalam upaya peningkatan SDM pendidik unggul.

"Selamat mengikuti kegiatan, tetap semangat, karena tidak semua kabupaten ya punya kegiatan ini, harapannya nanti semoga mampu menjadi tenaga pendidik yang unggul untuk kemajuan pendidikan di Belitung Timur,” harap Amrizal. 

Andi Irawan selaku Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan turut menambahkan bahwa kegiatan PGP ini akan berlangsung selama sembilan bulan yang berupa pelatihan daring, lokakarya, dan pendampingan.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved