Breaking News:

Berita Belitung Timur

Wamen ATR/BPN, Surya Tjandra Tinjau Persawahan Danau Nujau Gantung Belitung Timur

Wakil Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI mengunjungi Belitung Timur, Sabtu (9/10/2021).

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Diskusi antara Wamen Surya, Bupati Burhanudin, Wabup Khairil, Ketua DPRD Fezzi, Wakapolres Kompol Agus, dan para petani di Danau Nujau, Sabtu (9/10/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Wakil Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, Surya Tjandra mengunjungi Belitung Timur, Sabtu (9/10/2021).

Kunjungannya diawali dengan mengikuti Rapat Paripurna Hari Jadi Kota Manggar ke-150 lalu pada siang harinya dia meninjau persawahan di Danau Nujau, Desa Gantung, Gantung.

Dalam tandangannya ke Kawasan Persawahan Danau Nujau, dia menegaskan kewilayahan area sawah tidak bisa diganggu gugat dan dia menjamin tidak akan beralih fungsi. Selain itu, kunjungannya juga bertujuan redistribusi tanah, memberikan hak pada petani dan memenuhi hak-hak petani dalam mendapatkan sertifikat tanah.

"Ini untuk mempertegas wilayah persawahan, dari sisi kami memberikan kepastian agar jangan sampai diganggu perusahaan, misal yang membuat tercemarnya area persawahan," ujar Surya Tjandra kepada posbelitung.co, Sabtu (9/10/2021).

Dia menegaskan agar para petani jangan khawatir. Dari Kementerian Agraria sudah ada SK lahan baku bahwa lahan tidak boleh beralih fungsi. Menurut Surya, hal itu harusnya menjadikan petani yakin terjadap produksinya.

"Di sini ada pertambangan jadi dengan adanya SK lahan baku ini kita yakin bisa menyeimbangkan dua sektor itu dan tidak saling mengganggu," kata Surya.

Dalam kesempatan itu, Wamen Surya lewat Distangan Beltim juga memberikan beberapa bantuan yaitu bibit padi, insektisida, dan pupuk kepada para petani Danau Nujau untuk meningkatkan hasil produksi.

Di tempat yang sama, Bupati Bellitung Timur Burhanudin mengingatkan agar tanah area sawah petani yang sudah di sertifikatkan jangan sampai dijual. Karena menurutnya ketika sudah dijual bakal berubah fungsi.

"Area tanah yang akan disertifikatkan yaitu di Danau Nujau dan Danau Merante. Karena itu saya harap para petani mampu meningkatkan hasil produksinya sehingga bisa menjadikan Beltim sebagai daerah swasembada beras," harap Burhanudin. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved