Breaking News:

Berita Belitung

SMAN 1 Tanjungpandan Masuk 10 Besar Sekolah Terbaik se-Sumatera versi LTMPT

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis top 1000 sekolah 2021 berdasarkan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK). SMA Negeri 1

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
SMA Negeri 1 Tanjungpandan di Jalan Gatot Subroto, Tanjungpandan 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis top 1000 sekolah 2021 berdasarkan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK). SMA Negeri 1 Tanjungpandan menjadi satu dari enam sekolah di Bangka Belitung  yang masuk dalam jajaran tersebut. Sekaligus menjadi satu-satunya perwakilan Babel yang masuk dalam top 10 sekolah terbaik se-Sumatera.

Pada top 1000 sekolah ini, SMA Negeri 1 Tanjungpandan berada pada urutan 365. Sebelumnya, jumlah sekolah asal peserta UTBK 2021 sebanyak 23.110 sekolah. Kemudian dievaluasi oleh LTMPT sehingga didapat 4.432 sekolah yang memenuhi kriteria.

Kepala SMA Negeri 1 Tanjungpandan Jantimala mengatakan bahwa ini menjadi kebanggaan bagi pihak sekolah. Apalagi pada tahun-tahun sebelumnya, sekolah di Jalan Gatot Subroto, Tanjungpandan ini hanya mampu menduduki peringkat 500-an

"Tahun lalu kami masuk urutan 453, jadi 365, biasanya ada diperingkat 500-an. Alhamdulillah dua tahun berturut-turut, siswa selalu termotivasi karena dari tahun ke tahun lumayan banyak yang lolos jalur SBMPTN, di samping mereka (siswa) juga berlomba-lomba mengejar jalur SNMPTN," katanya, Senin (11/10/2021).

Banyaknya jumlah siswa yang mendapat nilai baik pada UTBK, lanjut dia, tak terlepas dari langkah kerja sama sekolah agar siswa mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN). Seperti adanya bantuan dari para alumni yang mengadakan try out gratis bagi adik kelas.

Selain itu, pihak sekolah juga mengikutsertakan siswa agar mengikuti bimbingan belajar (bimbel) secara gratis. Bimbel ini diberikan oleh lembaga bimbel dan perguruan tinggi yang bekerja sama dengan sekolah.

"Dalam grup (obrolan daring) kelas juga ada informasi beasiswa dalam dan luar negeri, termasuk beasiswa bidik misi, juga informasi kampus dalam dan luar negeri," lanjutnya.

Selain itu, siswa juga cenderung memiliki motivasi yang tinggi, makanya dalam mencari perguruan tinggi, mereka terbiasa mencari beberapa kampus agar kemudian bisa memilih. 

Setelah ini, sejumlah langkah akan dilakukan pihak sekolah agar meningkatkan nilai UTBK siswa. Seperti melakukan tes psikotes bekerja sama dengan lembaga terkait. Juga menyarankan siswa mengikuti bimbel, di samping memang ada siswa yang telah mengikuti bimbel secara daring.

"Mudah-mudahan bisa meningkat atau minimal peringkat ini bisa dipertahankan untuk tahun berikutnya, karena sudah cukup lama, cuman biasanya peringkat 500-an," kata Jantimala.

Berikut daftar top 1000 sekolah di Bangka Belitung versi LTMPT.
1. SMA Negeri 1 Tanjungpandan peringkat 365
2. SMA Negeri 1 Pangkalpinang peringkat 461
3. MAN Insan Cendekia Bangka Tengah peringkat 489
4. SMA Negeri 1 Sungailiat peringkat 554
5. SMA Negeri 1 Manggar peringkat 677
6. SMA Negeri 1 Belinyu peringkat 794

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved