Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Masyarakat Boleh Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Begini Pesan Kepala Kemenag Belitung Timur  

Menteri Agama Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 29 tTahun 2021 tentang pedoman penyelenggaraan peringatan hari besar keagamaan d

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung Timur Novarianto saat ditemui posbelitung.co, Senin (18/10/2021). (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menteri Agama Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 29 tTahun 2021 tentang pedoman penyelenggaraan peringatan hari besar keagamaan di masa pandemi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung Timur (Beltim), Novarianto menjelaskan, SE itu sebagai pedoman dalam memperingati Maulid Nabi yang diperingati , Rabu (20/10/2021) mendatang.

Satu di antara sejumlah poinnya yaitu memastikan peringatan hari besar keagamaan tidak menjadi potensi penyebaran Virus Corona. Karenanya, jika panitia peringatan memandang masih membahayakan kesehatan maka penerapan protokol kesehatan harus dijalankan secara ketat.

"Kalau di Belitung Timur sendiri tren Covid-19 sudah sangat menurun. Sudah boleh menyelenggarakan kegiatan keagamaan. Namun dalam pelaksanaan peringatannya nanti tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Kalau yang sakit tidak diperkenankan hadir di majelis," kata Novarianto kepada Posbelitung.co, Senin (18/10/2021).

Pengadaan kegiatan keagamaan katanya, harus maksimal 50 persen pada total kapasitas ruangan. Kemudian pelaksanaan harus dilakukan di ruang terbuka supaya ada sirkulasi udara meminimalisir penularan virus.

Selain itu, panitia kegiatan juga harus menyediakan sarana prasarana protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, pengecekan suhu, hingga memastikan seluruh jamaah memakai masker dalam beribadah.

"Ini ikhtiar kita melawan corona yang sudah melandai ini. Jangan sampai karena kelalaian kita sendiri kasus jadi meningkat lagi. Semoga kita cepat dihindarkan dari virus ini sehingga kita bisa beribadah dan beraktivitas normal kembali," pesan Novarianto. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved