Breaking News:

News Video

Detik-detik Lokomotif Kereta Api Terbakar Viral di Media Sosial, Lalu Ini yang Terjadi

Lokomotif Kereta Api mengeluarkan asap hitam membumbung tinggi pada cerobong lokomotif

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Fitriadi

POSBELITUNG.CO -- Sebuah video pendek berdurasi 30 detik, menujukkan lokomotif kereta api (KA) mengeluarkan kobaran api, kini viral di media sosial (medsos).

Salah satunya, video tersebut dibagikan oleh akun Facebook Buddy, Senin (8/11/2021). Pada postingan berketerangan "The real Kereta Api," itu mengeluarkan asap hitam membumbung tinggi pada cerobong lokomotif.

Warga sekitar yang mengetahui peristiwa ini, panik hingga menggeluarkan teriakan.

Dilansir dari kompas.com, lokomotif itu mengeluarkan kobaran api tidak jauh daei lokasinya di dekat Stasiun Labuhan Ratu, Bandar Lampung.

Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Jaka Jarkasih membenarkan adanya insiden lokomotif mengeluarkan kobaran api seperti dalam video viral tersebut.

Adapun kejadiannya, kata Jaka, terjadi di dekat Stasiun Labuhan Ratu pada Kamis (4/11/2021) siang.

Ia menjelaskan, lokomotif tersebut menarik kereta luar biasa (KLB) yang mengangkut ratusan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

KA KLB angkutan anggota TNI sebanyak 770 orang. Tujuan Stasiun Tanjungkarang-Waypisang, berangkat dari Tanjungkarang pukul 10.30 WIB," ujar Jaka, Selasa (9/11/2021) pagi.

"Di perjalanan sebelum masuk Stasiun Labuhan Ratu, lokomotif mengalami gangguan motor diesel sehingga terjadi pembakaran tidak sempurna, menimbulkan asap tebal dari sisa bahan bakar dan menimbulkan percikan api keluar lewat exhaust/knalpot atau cerobong asap," imbuhnya.

Jaka juga mengirimkan sebuah video untuk memberi kepastian bahwa lokomotif dari Depo Induk Kertapati (KPT) tersebut dalam kondisi aman tidak terbakar.

"Video lokomotif CC 204 1117 aman tidak terbakar," tegas Jaka.

Menurutnya, percikan api yang sempat keluar dari cerobong asap lokomotif hanya bersifat sesaat atau sementara dan langsung padam.

Ia menyebut, setelah kobaran api padam, lokomotif mengalami tenaga lemah dan perlu diganti dengan lokomotif lain untuk menarik KA KLB angkutan anggota TNI menuju tujuannya di Waypisang.

"Selanjutkan KA dapat melanjutkan perjalanan dari Labuhan Ratu menuju Waypisang dan tidak ada masalah, semua penumpang aman," pungkasnya. (*)

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di kompas.com dengan judul "viral video lokomotif KA keluarkan kobaran api, apa yang terjadi."

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved