Virus Corona

PPKM Level 3 Nataru Dibatalkan, Mendagri Sebut Cuma Beda Nama, Pembatasan Tetap Berlaku

Pemerintah batal menerapkan aturan PPKM Level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia pada periode Natal dan Tahun Baru

Editor: Hendra
For Serambinews.com
Mendagri, Muhammad Tito Karnavian. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA,  -  Menyambut natal dan tahun baru 2022 ( Nataru), pemerintah memberlakukan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia.

Rencana ini dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan hingga menyebabkan meningkatnya penyebaran covid-19.

Namun belakangan, PPKM Level 3 yang sudah diumumkan itu ternyata dibatalkan oleh pemerintah.

Baca juga: Apa Itu Virus Covid-19 Omicron, Benarkah Lebih Bahaya? Ketahui Gejalanya dan Asal Usul Namanya

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan PPKM Level 3 dibatalkan, akan tetapi kebijakan pembatasan selama nataru tetap akan diberlakukan.

"Itulah perkembangan yang terakhir dari hasil rapat kemarin di Istana. Maka tidak menggunakan istilah Level 3, tetapi pembatasan khusus Nataru dan diaturnya spesifik," kata Tito di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Tito mencontohkan, beberapa pembatasan yang akan diterapkan antara lain pembatasan pengunjung mal maksimal 75 persen dari kapasitas dan penerapan aplikasi PeduliLindungi di tempat publik.

Selain itu, menurut Tito, akan ada aturan bahwa hanya orang yang telah divaksinasi dosis kedua atau lengkap yang dapat bepergian.

"Yang vaksin dua kali boleh jalan, yang belum vaksin jangan jalanlah. Meskipun sudah cukup tinggi, tapi kita kan yang terpapar ada juga kan, 100-200 kan ada yang terpapar," ujar Tito.

Baca juga: Varian Omicron Diduga Masuk ke Indonesia, Diperkirakan Sudah 2 Pekan, Alasan Belum Teridentifikasi

Mantan kapolri itu akan mengeluarkan peraturan detail yang akan berlaku selama libur Natal dan Tahun Baru, setelah disepakati dengan menteri-menteri terkait.

"Nanti saya tanda tangani dan kemudian disampaikan kepada publik kepada kepala daerah dan kepala daerah menegakkannya, mengimplementasikannya, minggu ini," kata Tito.

Diberitakan, pemerintah batal menerapkan aturan PPKM Level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia pada periode Natal dan Tahun Baru.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah Indonesia dalam rangka menjelang momen Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Malam Pertama Cupi Cupita Bikin Debar, Suami Hanya Dapat Pemanasan, Dua Hari Baru Bisa Tuntas

Sebelumnya, pemerintah bakal memberlakukan PPKM level 3 pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 pada periode Natal dan tahun baru terhadap semua wilayah," ujar Luhut, dilansir dari siaran pers di laman Kemenko Marves, Selasa (7/12/2021).

"Penerapan level PPKM selama Natal dan tahun baru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan," tegasnya.

Baca juga: Istri Syok Lihat Suami di Ruang Tamu, Asik Setubuhi Gadis ABG, Rutin Intim Keponakannya Diembat Juga

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Tetap Terapkan Pembatasan Selama Natal-Tahun Baru meski PPKM Level 3 Se-Indonesia Batal", 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved