Lawan Covid19

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan saat Libur Natal dan Tahun Baru

Pemerintah telah mengeluarkan aturan untuk membatasi kegiatan masyarakat untuk mencegah penularan virus

Editor: Fitriadi
KOMPAS.com / DANI PRABOWO
Dahnil Anzar Simanjuntak 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Tidak lama lagi masyarakat Indonesia memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pemerintah telah mengeluarkan aturan untuk membatasi kegiatan masyarakat untuk mencegah penularan virus corona.

Terlebih saat ini varian baru virus corona yaitu Omicron sudah masuk Indonesia. Ini dibuktikan dengan temuan kasus warga positif terjangkit Omicron.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengingatkan pentingnya tetap mematuhi protokol kesehatan menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022.

Terutama, kata dia, bagi masyarakat yang memang berencana untuk bersilaturahim dengan keluarga.

"Jadi kalaupun harus bersilaturahim harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Itu yang terpenting," kata Dahnil dalam Dialog Produktif Kabar Jumat bertajuk Patuh Prokes dan Vaksinasi Wujud Bela Negara yang disiarkan di kanal Youtube FMB9ID_IKP, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Pria Kesal Istri Menolak Malam Pertama, Alasannya Mencurigakan, Aneh Ogah Diajak Berhubungan Intim

Baca juga: Cewek Cantik Bikin Ulah di Kamar Kos, Pemilik Kos Kaget Saat mengintip, Aksi di Kasur Malah Lanjut

Baca juga: Tak Juga Dinikahi, Gisel Curhat Isyaratkan Putus dari Wijin, Video Syur 19 Detik Jadi Penghalang?

Dahnil mengatakan sudah banyak pendapat dokter maupun ahli yang menyatakan pentingnya menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan pandemi Covid-19.

Dengan demikian, kata dia, tindakan cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan menjaga jarak adalah yang paling utama pada saat ini.

Selain itu, lanjut dia, menurutnya membangun kesadaran kolektif untuk melakukan pencegahan penularan Covid-19 dengan mematuhi prokes perlu dimulai dari kesadaran pribadi.

"Membangun kesadaran kolektif bela negara melalui prevensi atau tindakan-tindakan pencegahan pribadi itu penting," kata Dahnil.

Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan saat ini menjaga protokol kesehatan dan turut serta dalam vaksinasi covid-19 adalah tindakan patriotik, nasionalistik, dan merupakan sikap bela negara.

Dahnil mengatakan tindakan tersebut bukan sekadar untuk menjaga diri dari paparan virus tapi juga menjaga orang lain, menjaga komunitas, dan menjaga negara.

"Itu semuanya adalah tindakan patriotik, nasionalisme yang tinggi, dan sikap bela negara," kata dia.

Dahnil mengingatkan perlunya dibangun narasi-narasi yang patriotik dan bombastik dalam konteks tindakan pribadi mematuhi protokol kesehatan adalah sikap nasionalistik pada hari ini.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat bisa bertindak lebih maksimal dan akan membangj kesadaran kolektif terkait prokes dan vaksinasi.

"Jadi apabila itu kemudian dimaknai seperti itu maka orang akan bertindak lebih maksimal dan mereka akan membangun kesadaran kolektif. Jadi, oiya tindakan menjaga prokes itu adalah tindakan bela negara lho, tindakan patriotik, tindakan nasionalistik. Itu yang paling penting," kata Dahnil. (Tribunnews.com, Gita Irawan)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved