Breaking News:

Advertorial

Pemdes Aik Pelempang Jaya Prioritaskan SDM

DESA Aik Pelempang Jaya termasuk desa penyanggah Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Daerah ini dibentuk pada 2011 hasil pemekaran dari Kelurahan

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Tedja Pramana
Dede
Balai Pelatihan Desa Aik Pelempang Jaya 

POSBELITUNG.CO - Desa Aik Pelempang Jaya termasuk desa penyanggah Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Daerah ini dibentuk pada 2011 hasil pemekaran dari Kelurahan Paal Satu.

Adapun luas area sekitar 517 hektare dengan jumlah penduduk 6.692 jiwa terdiri dari dua dusun, 24 RT, dan empat RW.

Kepala Desa Aik Pelempang Jaya, Rezali menyebut, pembang­unan sumber daya manusia (SDM) menjadi satu dari beberapa program yang diprioritaskan.

“Kami ingin ke depannya, desa ini memiliki generasi gemilang dan berdaya saing demi mencapai desa yang mandiri,” ujar Rezali, Selasa (22/12).

Demi mendukung program tersebut, pemerintah desa membangun gedung balai pelatihan.

Selain sebagai pusat pelatihan, gedung yang diresmikan Bupati Belitung Sahani Saleh itu juga bisa disewa oleh masyarakat buat pesta pernikahan atau ke­giatan lainnyan

Pembangunan gedung berwarna hijau itu menggunakan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) deng­an sistem pengerjaan swakelola oleh masyarakat setempat.

“Ide awal membangun gedung dikarenakan desa kami tidak memiliki gedung untuk meng­undang masyarakat ramai. Tapi utamanya gedung ini untuk mendukung program prioritas kami,” kata Rezali.

Pembangunan SDM juga erat kaitannya dengan pendidikan usia dini. Oleh sebab itu, Desa Aik Pelempang Jaya membuka PAUD Bunda di kompleks Perumnas.

Ini sebagai indikator program nasional pencegahan angka stunting sehingga pemdes juga menggalakkan program kesehatan melalui posyandu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved