Revitalisasi Kawasan Bendungan Pice, PT Timah Tanam Pohon Buah-buahan

Dengan adanya penanaman kembali tanaman buah-buahan di area reklamasi samping Bendungan Pice mulai dibenahi dan ditata kembali.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Tedja Pramana
Istimewa
PT Timah Tbk bersama Pemerintah setempat saat menanam bibit buah-buahan di kawasan Bendungan Pice, Lenggang, Gantung, Belitung Timur, Kamis (23/12/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - PT Timah Tbk melaksanakan penanaman pohon buah-buahan tahap awal di kawasan Bendungan Pice, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Kamis (23/12/2021).

Penanaman pohon ini sebagai bentuk dukungan PT Timah Tbk untuk merevitalisasi kawasan Bendungan Pice yang menjadi sumber air baku masyarakat sekitar. Sebagaimana diketahui Bendungan Pice sempat rusak akibat dihantam banjir.

PT Timah Tbk bersama Pemerintah Kabupaten Beltim merencanakan akan melakukan penanaman pohon seluas 18 hektar di kawasan Bendungan Pice. Hal ini juga sebagai komitmen PT Timah Tbk untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Kegiatan penanaman ini turut dihadiri General Manager PT Timah Tbk Wilayah Bangka Belitung, Robertus Bambang Susilo, Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, Camat Gantung Yusmawandi, Danramil Gantung Hermansyah, Kepala Unit Produksi Belitung Sigit Prabowo, Kades Lenggang Fachrizal, Kades Selinsing Harianto, dan perwakilan CV Selby Selumar Edi Pincang.

Nantinya, untuk penanaman dan pemeliharaan pohon-pohon akan dilakukan oleh Mitra PT Timah Tbk CV Selby Selumar dan Komunitas Hutan Edukasi Lingkungan Pice Beltim atau HELP Beltim.

Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar mengatakan, bahwa lokasi itu terkikis oleh banjir rob, namun PT Timah Tbk bersama dengan pemerintah akan merevitalisasi kawasan ini agar kembali menarik.

Ia berharap lokasi itu agar memiliki makna tersendiri, seperti penanaman buah yang berasal dari Belitung.

"Jadikan kawasan ini ramah lingkungan, ramah untuk bergaul, ramah dalam segala hal, dan Pemda tetap akan dukung itu, dan PT Timah Tbk akan dorong itu," sebut Khairil.

Sementara itu, Camat Gantung Yusmawandi bersyukur dengan adanya penanaman kembali tanaman buah-buahan di area reklamasi samping Bendungan Pice mulai dibenahi dan ditata kembali.

"Alhamdulillah dengan adanya penanaman kembali itu, bisa menambah daya tarik, apalagi berbagai jenis buah-buahan," kata Yusmawandi.

Menurutnya, melihat kondisi bendungan Pice masih relatif aman jika kondisi hujan lebat, dan diharapkan memang tidak ada penambangan ilegal diseputaran air yang ada di Bendungan Pice.

Hal ini mengingat air yang ada sangat keruh dan tidak dapat pergunakan untuk PDAM atau tidak bisa diminum dikarenakan panyaluran ke rumah-rumah harus menggunakan zat kimia untuk menjernihkannya.

"Peran Bendungan Pice untuk masyarakat sekitar sebetulnya untuk keperluan seharian rumah tangga, selain untuk irigasi dimusim kemarau," katanya.

Kata dia, dukungan yang ada dibuat areal reklamasi mudah-mudahan menambah spot-spot wisata baru serta nantinya berkelanjutan didukungan UMKM dan kegiatan lainnya.

Ia beharap kedepannya wilayah kecamatan Gantung, khususnya area seputaran Pice menjadi tempat wisata dalam menunjang ekonomi masyarakat dan pemasukan APBDdes desa.

"Ayo kita sama-sama menjaga dan jangan merusak lingkungan lagi, karena sudah ditata dan menjadi area spot wisata yang baru," terangnya.

(Rilis/Arya Bima Mahendra)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved