Advertorial

Belitong de Sintak Ajang Promosi Wisata Bahari

DINAS Perikanan Kabupaten Belitung sukses menggelar lagi turnamen mancing bertajuk Belitong de Sintak (BDS) 2022 di Pantai Tanjungkelayang

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fery Laskari
Adel
Bupati Belitung Sahani Saleh berfoto bersama panitia dan peserta dalam pembukaan turnamen Mancing de Belitong 2022, Sabtu (11/6/2022) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Dinas Perikanan Kabupaten Belitung sukses menggelar lagi turnamen mancing bertajuk Belitong de Sintak (BDS) 2022 di Pantai Tanjunkelayang, Sijuk pada 11-12 Juni. Terdapat 60 tim lokal, luar daerah, undangan hingga sponsor bersaing memperebutkan hadiah total Rp165 juta.

Bupati Belitung, Sahani Saleh (Sanem) dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan, Mancing de Sintak merupakan ajang promosi wisata khususnya bahari. "Kita memiliki kekayaan alam yang luar biasa terutama laut," ujarnya. Minggu (12/6/2022).

Selain itu, lanjutnya, melalui event rutin tahunan itu sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat agar tidak menangkap ikan menggunakan peralatan yang dilarang. Pada ajang ini menerapkan sistem sport dan tradisional fishing telah membuktikan mampu memperoleh ikan ukuran besar.

"Jadi janganlah menggunakan alat tangkap yang dilarang demi keberlangsungan ekosisten laut kita," kata Sanem.

Kepala Dinas Perikanan Firdaus Zamri menambahkan, turnamen mancing ini rutin digelar dari 2016. Ada dua event yang diselenggarakan, yakni BDS yang berlokasi di utara Pulau Belitung dan Mancing de Belitong (MDB) di selatan.

MDB yang digelar di Kecamatan Membalong dikhususkan bagi peserta sport fishing. Sementara BDS ini merupakan kombinasi antara sport fishing dan tradisional.

"Turnamen tahun ini sudah masuk gelaran ketujuh. Saya rasa turnamen mancing yang terus berlanjut tujuh tahun berturut-turut belum ada, baru di sini. Yang lain 2-4 kali selesai. Di sini kami jaga, panitia bekerja independen sehingga kepercayaan pemancing lokal maupun luar daerah dalam komitmen aturan," katanya.

Dari segi potensi ikan, Firdaus mengatakan bahwa dari testimoni peserta mancing, ikan besar berukuran monster memang lebih banyak ditemukan di laut selatan Pulau Belitung. Meski begitu, ikan-ikan di wilayah utara juga jumlahnya tidak kalah banyak yang dibuktikan dengan nelayan yang tak kekurangan tangkapan.

Gelaran Belitong de Sintak pun tidak hanya diikuti oleh tim lokal, tapi juga tim dari luar daerah yang diundang secara langsung, yakni Jakarta, Bekasi, dan Palembang. (advetorial/dol)

Bupati Belitung Sahani Saleh berfoto bersama panitia dan peserta dalam pembukaan turnamen Mancing de Belitong 2022, Sabtu (11/6/2022)
Bupati Belitung Sahani Saleh berfoto bersama panitia dan peserta dalam pembukaan turnamen Mancing de Belitong 2022, Sabtu (11/6/2022) (Adel)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved