Berlaku Mulai 1 Juli Begini Cara Beli Pertalite dan Solar di SPBU, Ini Kendaraan yang Dilarang Beli

Pembelian BBM sudah diatur oleh pemerintah. Mulai 1 juli khusus Pertalite dan Solar pembeliannya harus melalui aplikasi MyPertamina

Penulis: Hendra CC | Editor: Hendra
google image
ilustrasi pertugas spbu mengisi BBM ke kendaraan konsumen 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA,-- Pembelian BBM bersubsidi di Indonesia jenis Pertalite dan solar kerap disalahgunakan oleh pembeli.

Dikhawatirkan dengan pembelian BBM bersubsidi yang tidak tepat sasaran mempengaruhi kuota yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Karenanya mulai 1 Juli 2022, Pertamina mengubah cara pembelian BBM bersubsidi ini dengan menggunakan sistem Aplikasi MyPertamina.

Sistem yang diluncurkan oleh Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) masih dalam tahap uji coba.

Dilansir oleh Kompas.com, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menjelaskan, dalam penyaluran BBM Subsidi ada aturan baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari segmentasi penggunanya.

Namun, yang saat ini masih terjadi, banyak konsumen yang tak berhak mengonsumsi Pertalite dan Solar.

Jika tidak diatur, besar potensi kuota yang telah ditetapkan selama satu tahun tidak akan mencukupi.

Karena itu, Alfian mengatakan, untuk memastikan mekanisme penyaluran tepat sasaran, akan dilakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang terdaftar pada sistem.

"Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022," ujar Alfian dalam keterangan resminya, Senin (27/6/2022).

"Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar," katanya.

Lebih lanjut Alfian menjelaskan, sistem MyPertamina akan membantu mencocokkan data pengguna.

Masyarakat tak perlu khawatir bila tidak memiliki aplikasi MyPertamina karena pendaftaran dilakukan semua dari situs yang akan dibuka empat hari lagi.

Bagi pengguna yang sudah melakukan registrasi, baik kendaraan maupun identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail.

Menurut Alfian, pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data telah cocok dan bisa membeli Solar atau Pertalite.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved