Berita Belitung Timur

PMK di Belitung Timur, 21 Hewan Ternak Sembuh, 25 Lainnya Masih Positif    

Sebanyak 21 hewan ternak di Belitung Timur (Beltim) sudah sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sembilan sapi dan 12 kambing itu dinyatakan sembu

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Dok
ILUSTRASI: Beberapa ekor sapi telah dinyatakan sembuh dari PMK yang ada di peternakan yang ada di Pangkalpinang, Jumat (24/6/2022). Sedikitnya masih ada sekitar 178 ekor sapi yang masih terpapar PMK. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 21 hewan ternak di Belitung Timur (Beltim) sudah sembuh dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sembilan sapi dan 12 kambing itu dinyatakan sembuh setelah diberikan treatment oleh Dinas Pertanian dan Pangan Belitung Timur.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Heru Indramarta mengatakan total hewan yang terjangkit PMK yaitu 46 ekor, terdiri atas13 sapi dan 33 kambing.

"Semuanya kami berikan treatment dan pengobatan. Selama itu hewan-hewan ini juga melakukan isolasi mandiri supaya tidak menularkan ke hewan lain, termasuk hewan yang sudah sembuh akan kita evaluasi dulu," kata Heru, Jumat (1/7/2022).

Lebih jauh, untuk mengantisipasi penularan PMK di Belitung Timur ini pihak dinas mengaku sudah menyosialisasikan dan mengedukasi seluruh pihak, utamanya peternak.

Karena menurutnya virus PMK ini sangat menular dan mematikan bagi hewan ternak sehingga pasti merugikan para pedagang tersebut.

"Jadi peternaj juga harus kooperatif saat membeli hewan ternak dari luar harus dicek benar dokumen kesehatannya. Jika curiga langsung laporkan ke dinas supaya bisa mendapat penanganan cepat," kata Heru. ( Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

 

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved