Advertorial

Upacara HUT Ke-77 RI, Bupati Belitung Kenang Kekompakan Penanganan Covid, Wabup Ingatkan Resesi

Bupati Belitung mengatakan semangat gotong royong dan kekompakan dalam penanganan Covid-19 dua tahun lalu masih dibutuhkan.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Humas dan Prokopim Pemkab Belitung)
Bupati Belitung Sahani Saleh menyerahkan bendera merah putih kepada Paskibraka saat pelaksanaan upacara bendera pada Rabu (17/8/2022). 

BELITUNG - Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) menjadi Inspektur Upacara (Irup) Pengibaran Bendera Merah Putih pada Rabu (17/8/2022). Upacara kali ini memang agak berbeda karena dilaksanakan di halaman kantor bupati yang biasanya di Stadion Pangkal Lalang, namun bupati justru merasakan suasana lebih khidmat meskipun lokasi terbilang lebih sempit.

"Secara pribadi waktu jadi inspektur, terkenang bagaimana upaya penanganan Covid-19 kemarin, bagaimana kerja samanya, kompaknya dan semangat gotong royong," ujar bupati.

Ia menilai tema HUT Ke-77 RI yaitu 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat' serasi dengan upaya yang dilakukan bersama Forkopimda dan seluruh masyarakat selama ini. Menurutnya, semangat gotong royong dan kekompakan dalam penanganan Covid-19 dua tahun lalu masih dibutuhkan agar Indonesia bisa pulih lebih cepat. Sebab, selama dua tahun Indonesia sempat stagnan dihantam badai virus tersebut.

"Di usia 77 tahun kita merdeka ini, harus memaknai dua tahun lalu menjadi cobaan bersama dan ke depan kita harus lebih bangkit lagi," kata bupati.

Upacara pengibaran bendera di halaman kantor bupati dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Bertindak selaku komandan yakni Iptu Abdul Haris.

Para Paskibraka yang merupakan siswa-siswi terpilih juga sukses menjalankan tugasnya hingga bendera merah putih berkibar. Bahkan Ketua DPRD Belitung Ansori turut ambil bagian membacakan naskah proklamasi.

Usai upacara, acara dilanjutkan ramah tamah dan menyaksikan detik-detik kemerdekaan di Istana Negara secara zoom.

Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, beserta jajaran Forkopimda berfoto bersama tim Paskibraka pada Rabu (17/8/2022).
Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, beserta jajaran Forkopimda berfoto bersama tim Paskibraka pada Rabu (17/8/2022). (IST/Dokumentasi Prokopim Pemkab Belitung)

Resesi Tantangan Baru

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie bertugas sebagai inspektur upacara penurunan bendera merah putih pada sore hari.

Ia memaknai tema HUT tahun ini dengan sebuah kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah buat mencapai tema yang diharapkan yaitu Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

Menurutnya pasca badai Covid-19, Indonesia patut mewaspadai resesi ekonomi jika tidak disikapi lewat strategi yang matang.

"Presiden Jokowi sudah memimpin dengan benar agar Indonesia tidak masuk dalam zona resesi. Beliau menyampaikan melalui pidato di MPR, kita jangan tidak waspada," kata wabup.

Ia menyikapi pesan dari Presiden Jokowi, bahwa Belitung juga akan melakukan hal yang sama mengamati pertumbuhan ekonomi, menstimulasi UMKM agar naik kelas dan transformasi pariwisata bisa berhasil.
"Tapi yang penting dari kemerdekaan masyarakat itu adalah lebih nyaman dan bahagia tinggal di Belitung. Ada jaminan hukum dan transformasi ekonominya berhasil atau tidak," kata Isyak. (advertorial/dol)

Penyerahan bendera merah putih oleh Bupati Belitung
Bupati Belitung Sahani Saleh menyerahkan bendera merah putih kepada Paskibraka saat pelaksanaan upacara bendera pada Rabu (17/8/2022). (IST/Dokumentasi Humas dan Prokopim Pemkab Belitung)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved