Berita Belitung Timur

Puskesmas Manggar Ciptakan 'Jebong Tunu', Inovasi Rawat Pasien ke Rumah

Puskesmas Manggar menciptakan inovasi layanan kepada masyarakat yaitu Jemput Bola Bang Kampong Terintegrasi Pelayanan UKM.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Dok/Puskesmas Manggar
Petugas saat memeriksa seorang pasien di Puskesmas Manggar, Belitung Timur. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Puskesmas Manggar menciptakan inovasi layanan kepada masyarakat yaitu Jemput Bola Bang Kampong Terintegrasi Pelayanan UKM, UKBM dan UKP alias Jebong Tunu.

Kepala Puskesmas Manggar dr Faradela mengatakan program inovasi itu adalah bentuk layanan kepada masyarakat yaitu mengontrol pasien-pasien yang ada penyakit seperti diabetes atau yang perlu diperiksa rutin langsung ke rumah.

"Program ini adalah integrasi dari Yuk Gi Nyelik Pasien yang sudah berjalan sebelumnya di bidang kesehatan," kata dr Faradela, Rabu (7/9/2022) kepada Posbelitung.co.

Baca juga: Pengamanan Hotel Sheraton Belitung Dibagi Menjadi Tiga Ring, Beginilah Penjagaan yang Dilakukan

Menurut Faradela, program Jebong Tunu ini mulai berjalan pada Agustus 2022.

Saat ini baru dua yaitu Desa Kelubi dan Desa Bentaian karena di dua desa tersebut yang banyak terdapat pasien dengan penyakit yang perlu kontrol rutin.

Dia menjelaskan sistem programnya dilakukan sebanyak dua kali sebulan di mana dokter apoteker, bidan, analis kesehatan, perawat, dan administrasi pengelola rujukan turun langsung ke lapangan guna menangani permasalahan kesehatan masyarakat.

Baca juga: Murid SDN 17 Sijuk Antusias Sambut Delegasi DMM G20, Moza : Saya Bangga Jadi Orang Belitung

Baca juga: Indonesia Prioritaskan Implementasi Ekonomi Biru dan Ekonomi Hijau di G20 DMM Side Event di Belitung

Faradela ingin dengan banyaknya program peningkatan layanan kesehatan masyarakat bisa melayani masyarakat dan meningkatkan taraf kesehatannya.

"Semoga bisa bermanfaat dan menangani permasalahan kesehatan mereka terutama yang jauh dari dari Puskesmas Manggar," harap dr Faradela.

( Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved