Obat Herbal

Manfaat Jintan Hitam atau Habbatussauda sebagai Obat Herbal Kanker, Begini Cara Mengolahnya

Jitan hitam atau habbatussauda kerap dijadikan obat herbal dalam pengobatan tradisional, salah satunya dipercaya mampu mencegah kanker

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Khamelia
tribunnews.com
Manfaat Jintan Hitam atau Habbatussauda sebagai Obat Herbal Kanker 

POSBELITUNG.CO -- Habbatussauda atau lebih dikenal dengan nama biji jintan hitam adalah tanaman herbal yang kerap dijadikan bahan dalam pengobatan tradisional.

Jintan hitam atau habbatussauda memiliki rasa dan aroma yang khas, yakni pahit dan pedas, seperti kombinasi dari rasa bawang merah, lada hitam, dan oregano.

Di negara asalnya, jintan hitam atau habbatussauda sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan India dan Timur Tengah.

Kandungan nurtrisi yang terdapat dalam habbatussauda di antaranya adalah asam folat, seng, zat besi, kalsium, tembaga, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.

Berdasarkan kandungan tersebut, tak heran jika jintan hitam atau habbatussauda diyakini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya dapat mencegah kanker.

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam jintan hitam dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Hal ini karena zat-zat antioksidan berfungsi untuk menetralkan radikal bebas, yang menjadi penyebab terjadinya kanker.

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh proliferasi sel yang sangat cepat dan tidak terkendali yang terjadi di dalam tubuh.

Proliferasi sel adalah siklus pembelahan sel, di mana pada keadaan normal terjadi pembelahan DNA induk dan membagi dirinya menjadi dua sel anak.

Namun jika proliferasi sel terjadi dalam keadaan yang cepat dan tidak terkendali, dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel normal di sekitarnya ataupun di tempat lain di dalam tubuh.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved