Berita Pangkalpinang

Polres Pangkalpinang Naik Status Jadi Tipe C, Bakal Dipimpin Seorang Kombes

Polresta Pangkalpinang bakal dipimpin perwira menengah Polri berpangkat Komisaris Besar (Kombes) dari sebelumnya AKBP.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil 

POSBELITUNG.CO, BANGKA -- Polres Pangkalpinang naik status dari tipe D menjadi tipe C atau menjadi Polresta Pangkalpinang.

Nantinya, Polresta Pangkalpinang bakal dipimpin perwira menengah Polri berpangkat Komisaris Besar (Kombes) dari sebelumnya AKBP.

Perubahan tersebut usai terbitnya Surat Kapolri Nomor : B/7235/IX/OTL.1.1./2022/SRENA September 2022 dan Keputusan Kapolri Kep/1151/VIII/2022 tanggal 30 Agustus 2022, tentang peningkatan tipe Kepolisian Resor Pangkalpinang menjadi Kepolisian Resor Kota Pangkalpinang Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil menilai, peningkatan tipe tersebut sudah selayaknya dilakukan dan dinilai sudah tepat. Pentingnya kenaikan tipe jadi Polresta ini seiring dengan perkembangan wilayah ini ke depan.

Terlebih, dengan status sebagai Ibu Kota Kepulauan Bangka Belitung. Maka untuk mencegah terjadinya tingkat kriminalitas dan lainnya semakin tinggi, perlu pengamanan yang benar-benar optimal.

"Alhamdulillah berarti Polres Pangkalpinang dengan naik tipe itu akan memberikan pelayanan tambah meningkat lagi," kata Maulan Aklil kepada Bangkapos.com, Senin (12/9/2022).

Maulan Aklil biasa disapa Molen ini menyebut, peningkatan status ini dilakukan untuk melihat sejauh mana implikasi terhadap peningkatan dan inovasi pelayanan publik. Begitu pula dengan peningkatan akuntabilitas kinerja lembaga dalam mendorong percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Polri.

Peningkatan jumlah penduduk harus dibarengi dengan peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang memadai. Terlebih Kota Pangkalpinang direncanakan pihaknya akan menuju menjadi kota metropolis.

"Sudah selayaknya kenaikan tipe ini, dan harapannya pastinya dengan naik tipe itu otomatis naik juga kan tingkat pelayanannya," beber Molen.

Lebih jauh ungkap dia, sejauh ini sinergi antara pemerintah kota dan kepolisian sendiri sudah sangat bagus. Maka dari itu dia berharap dengan kenaikan tipe ini sinergi tersebut dapat terus ditingkatkan, terutama dalam menjaga kamtibmas.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved