Belanja Online

Benarkah Transaksi COD Banyak Mudarat, Simak Fakta Kelebihan dan Kekurangannya

Sahroni menegaskan lebih baik masyarakat melakukan transaksi di e-commerce yang jelas lebih aman. Menurutnya, transaksi COD lebih banyak mudaratnya.

Penulis: Khamelia CC | Editor: Khamelia
tangkap layar
Belum lama ini viral sebuah video yang memperlihatkan seorang kurir jasa pengiriman barang yang ingin mengantarkan sebuah paket Cash on Delivery (COD) berupa permen seharga Rp153 namun lokasi penerima nya di gunung. 

POSBELITUNG.CO - Masyarakat diharap berhati-hari bertransaksi menggunakan sistem COD (Cash on Delivery).

Hal itu disampaikannya Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menanggapi adanya tragedi pembacokan yang bermula dari ajakan jual beli HP dengan sistem COD di Warakas, Tanjung Priok pada Senin (26/9).

Anggota DPR RI asal Tanjung Priok ini merasa prihatin, sekaligus meminta perhatian Kapolres Jakarta Utara untuk mencari serta mengusut pelaku pembacokan.

"Tentunya sangat disayangkan kejadian kekerasan ini bisa terjadi. karenanya, saya meminta Bapak Kapolres Jakarta Utara untuk mencari dan mengusut pelaku pembacokan sampai ketemu. Hal ini karena kalau dibiarkan tentunya bisa menciptakan rasa khawatir dan perasaan tidak aman di tengah masyarakat," katanya dalam keterangan yang diterima, Rabu (28/9/2022).

Atas dasar itu, Sahroni meminta kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi COD. 

Bahkan Sahroni menegaskan lebih baik masyarakat melakukan transaksi di e-commerce yang jelas lebih aman. Menurutnya, transaksi COD lebih banyak mudaratnya.

"Jadi saya minta e-commerce dan regulator harus benar-benar mengkaji kembali mekanisme pembayaran COD ini, dan masyarakat juga agar lebih waspada," tandasnya.

Sebelumnya, seorang warga Cengkareng Jakarta Barat berinisial V (19) menjadi korban pembacokan ketika hendak melakukan cash on delivery ( COD) handphone di wilayah Jakarta Utara. Korban mengalami luka bacok di bagian kepala.

Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (26/9/2022) sekira pukul 16.00 di Jalan Warakas 9 Gang 13, Koja, Jakarta Utara.

Kelebihan dan Kekurang Sistem COD

Mengutip dari https://blog.shipper.id  Cash on Delivery atau COD adalah salah satu metode pembayaran yang ditawarkan kepada pembeli saat berbelanja online.

Dengan sistem ini, pembeli dapat membayar pesanan setelah barang mereka terima. Sama halnya dengan sistem pembayaran lain, ada kelebihan dan kekurangan COD bagi penjual.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan COD bagi pemilik bisnis? Mari kita simak uraiannya berikut ini.

Keberadaan COD menjadi alternatif pembayaran yang bisa memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved