Helikopter Hilang Kontak

Diduga Pilot Helikopter Polri yang Jatuh Terjebak di Dalam Helikopter, Terindikasi dari Seatbelt

Pilot Helikopter NBO-105/P-1103 AKP Arif Rahman Saleh hingga, Jumat (2/12/2022) pukul 18.30 WIB belum ditemukan.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: M Ismunadi
Pos Belitung/Disa Aryandi 
Tim SAR Gabungan pencarian Helikopter NBO-105/P-1103, Jumat (2/12/2022) sedang melakukan evaluasi terhadap operasi SAR. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Pilot Helikopter NBO-105/P-1103 AKP Arif Rahman Saleh hingga, Jumat (2/12/2022) pukul 18.30 WIB belum ditemukan.

Diduga jasad pilot tersebut masih berada di dalam badan Helikopter.

Kasubdit Patroli Air Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri Kombes Pol Dadan.,SH.,MH mengatakan, asumsi ataupun analisa itu sangat kuat lantaran seatbelt yang ada di pilot ada empat bagian.

Yaitu seatbelt pada bagian pinggang, bahu kiri dan kanan serta belakang.  Masing-masing dari seatbell itu memiliki kunci masing-masing. Sehingga membutuhkan waktu untuk membuka secara satu persatu.

"Misalkan ada tekanan dari pada pilot selaku pengendali Helikopter untuk membuka seatbell itu, tentu akan susah. Ditambah lagi dengan kepanikan, tentu tidak mudah untuk membukanya," ucap Dadan kepada wartawan, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: Pencarian Pilot Helikopter Polri AKP Arif Rahman Saleh Terkendala Cuaca Ekstrem

Secara umum, pada pencarian ataupun operasi SAR hari keenam diperairan Belitung Timur belum membuahkan hasil alias nihil. 

"Untuk metode pencarian masih sama seperti pencarian pada hari kelima (menggunakan scane sonar, melalui udara dan pencarian dipermukaan," ujarnya.

Dua Tas Korban Sudah Diidentifikasi 

Dua tas korban Helikopter NBO-105/P-1103 yang semula ditemukan Tim SAR gabungan, Jumat (2/12/2022) sudah diidentifikasi. Isi dari tas tersebut adalah perlengkapan pribadi kru Helikopter.

"Tas itu ada dua, dan sudah dibuka isi nya. Tapi kami tetap akan melakukan identifikasi lebih lanjut, terutama mengenai handphone korban," kata Kasubdit Patroli Air Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri Kombes Pol Dadan.,SH.,MH.

Baca juga: Tim SAR Berupaya Maksimal Cari Jasad Pilot Helikopter P-1103, Jenazah Aipda Joko Mudo Dipulangkan

Setelah dibuka bagian tas tersebut oleh Tim Identifikasi Polres Belitung Timur, sementara belum ada petunjuk tentang jatuhnya Helikopter tidak.

"Sementara belum ada petunjuk untuk itu, karena kami harus menggali lebih dalam tentang informasi informasi yang ada didalam handphone," ujarnya. (posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved