Wisata Belitung

Wisata Belitung: Keindahan Pesisir Desa Suak Gual, Terdapat Pelabuhan Warna-Warni yang Cantik

Di bagian pesisir Desa Suak Gual terdapat Pelabuhan Warna-Warni, salah satu destinasi wisata yang belakangan populer dikunjungi para wisatawan.

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Tedja Pramana
YouTube posbelitung video
Wisata Belitung : Keindahan Pesisir Desa Suak Gual, Terdapat Pelabuhan Warna-Warni yang Cantik 

POSBELITUNG.CO - Suak Gual adalah salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Desa Suak Gual memiliki luas wilayah 36 Km⊃2; dan berpenduduk 933 jiwa.

Melansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, nama Suak Gual berasal dari kisah lanun (perompak) yang melihat menggual di bibir pantai.

Menggual adalah alat penerangan sejenis obor yang terbuat dari mayang pohon kelapa yang dipasang di pantai oleh para nelayan untuk digunakan sebagai tanda disaat nelayan pulang melaut di malam hari. 

Para lanun bersorak-sorak saat melihat menggual di pantai, mereka kerap berteriak 'menggual.. menggual..', hingga lama-kelamaan para lanun hanya mengucapkan 'gual.. gual.. gual' saja.

Dari sanalah kemudian mereka menyebut tempat tersebut dengan kata Gual. Sementara Suak adalah Teluk dalam bahasa lokal masyarakat Pulau Mendanau, Belitung.

Di bagian pesisir Desa Suak Gual terdapat Pelabuhan Warna-Warni, salah satu destinasi wisata yang belakangan populer dikunjungi para wisatawan.

Di Pelabuhan Warna-Warni terdapat banyak spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan, seperti rumah adat melayu Belitung, taman dengan ikon ikan yang melambangkan Desa Suak Gual sebagai desa nelayan, dan lebih banyak lagi.

Desa Suak Gual merupakan desa pertama yang ditetapkan sebagai Kampung Nelayan Maju berdasarkan ketetapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Tronggono.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Robert, Sekretaris Pokdarwis Pagal Piling beberapa waktu lalu saat berbincang dengan Posbelitung.co.

"Sebenarnya Pelabuhan Warna-Warni ini kami di desa bekerja sama atau mendapatkan support dari Kementerian untuk mempercantik atau memperindah Kampung Nelayan Maju," ujar Robert.

"Berhubung Desa Suak Gual ini memang mayoritas warganya adalah nelayan, sehingga kami ditetapkan jadi Kampung Nelayan Maju, di mana di situ terdapat penataan-penataan fasilitas maupun tempat-tempat lainnya," urai Robert.

Tidak hanya bertujuan untuk mengubah Desa Suak Gual menjadi lebih bersih, sehat, dan nyaman saja, dengan tampilan yang saat ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian masyarakat pesisir Desa Suak Gual.

Berwisata ke tempat ini, Anda tidak hanya dapat melihat keindahan laut, namun juga dapat menikmati berbagai kuliner hasil laut, serta berinteraksi dengan warga lokal.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved