Breaking News:

Wisata Belitung

Wisata Belitung: Cicak Ahok, Fauna Endemik yang Ada Gunung Lumut, Limbongan

Saat berkunjung ke Gunung Lumut Anda dapat melihat cicak ahok, salah satu fauna endemik yang ditemukan pada 2017.

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Tedja Pramana
YouTube Pos Belitung
Wisata Belitung : Cicak Ahok, Fauna Endemik yang Ada Gunung Lumut, Limbongan 

POSBELITUNG.CO -  Gunung Lumut merupakan salah satu Geosite UNESCO Global Geopark Belitung. Tempat wisata ini terletak di Desa Limbongan, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Gunung Lumut atau warga lokal menyebutnya Gunong Lumot dapat dikatakan sebagai primadona di Desa Limbongan. Gunung Lumut menawarkan pemandangan berupa hamparan lumut yang terbentang luas sepanjang mata memandang.

Keeksotisan dari lumut di sini menjadi daya tari dari destinasi wisata alam yang berada di Desa Limbongan.

Gunung Lumut memiliki kelembaban dan penguapan yang tinggi dan sedikit sinar matahari yang menembus naungan pepohonan.

Kondisi tersebut memungkinkan lumut, pakis, anggrek, dan tumbuhan epifit lainnya tumbuh subur di permukaan bebatuan hingga pepohonan.

Gunung Lumut ini merupakan titik tertinggi di wilayah tenggara Pulau Belitung. Ketinggiannya sekitar 168 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Anda yang berkunjung ke sini bisa menikmati pemandangan indah dari atas puncak Gunung Lumut.

Tidak hanya itu, saat berkunjung ke Gunung Lumut Anda juga dapat melihat cicak ahok, salah satu fauna endemik yang ditemukan pada 2017 lalu oleh para peneliti dari LIPI.

Hewan ini memiliki nama latin Cnemaspis Purnamai, bisa Anda temukan di Gua Kelelawar yang ada di objek wisata Gunung Lumut.

Nama cicak ahok sendiri merupakan sebuah penghargaan terhadap tokoh kelahiran Belitung Timur, yaitu Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Cicak ahok sebenarnya pertama kali ditemukan di Bukit Batu, Desa Burung Mandi. Namun Gua Kelelawar di Gunung Lumut juga menjadi satu dari sedikit tempat spesies ini dapat ditemukan.

Tak mudah untuk dapat melihat langsung cicak ahok ini, Anda harus melewati jalan yang panjang dan mendaki berjam-jam.

Hanya jika beruntung Anda dapat melihat cicak ahok di dinding gua. Gua yang dimaksud merupakan batu dengan ketinggian sekitar satu meter dan berlubang di tengahnya.

Pengelola Objek Wisata Gunung Lumut, Kristianto atau akrab disapa Kris, mengatakan gua ini bisa tembus ke Pantai Burung Mandi yang berjarak sekitar 50 kilometer.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved