Berita Belitung

Merasa Belum Maksimal Bekerja, Darmansyah Husein Kembali Calonkan Diri Maju DPD RI

Darmansyah Husein mengaku pekerjaan eksekutif dan legislatif sama saja, ada kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Penulis: Sepri Sumartono | Editor: Tedja Pramana
Merasa Belum Maksimal Bekerja, Darmansyah Husein Kembali Calonkan Diri Maju DPD RI
Tribunnews.com
Anggota DPD RI dapil Bangka Belitung, Darmansyah Husein.

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (dapil) Kepulauan Bangka Belitung, Darmansyah Husein kembali mencalonkan diri untuk mempertahankan kursinya di DPD RI pada pemilu tahun 2024 nanti.

Darmansyah Husein mengatakan, alasannya kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI sebab selama masa jabatannya periode 2019-2024 ini dinilai masih belum maksimal.

"Karena baru setengah tahun saya bekerja sudah kena pandemi kita, terus dua setengah tahun itu hampir tidak maksimal lah kita kerja yah," kata Darmansyah Husein kepada Posbelitung.co, Selasa (17/1/2023).

Berbekal pengalaman sebaga Wakil Ketua Komite 4 dan Komite 1 DPD RI selama satu periode ini, Darmansyah Husein mengaku sudah menguasai dinamika sebagai wakil daerah.

Ia menganggap, apabila kembali terpilih lagi di periode tahun 2024-2029 sebagai anggota DPD RI, bisa menjadi jalan untuk memaksimalkan kinerjanya sebagai wakil Bangka Belitung.

"Saya merasa pada waktu itu, boro-boro mau memperjuangkan anggaran, yang ada malah refocusing terus kan. Yang bisa diperjuangkan waktu itu pemulihan ekonomi melalui insentif-insentif," katanya.

Darmansyah Husein menyampaikan, rumusan dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK) saat ini berbasis kinerja, sehingga apabila kinerja semakin baik maka dana-dana tersebut bisa diperjuangkannya.

Selaku mantan Kepala Daerah di Kabupaten Belitung, Darmansyah Husein mengaku pekerjaan eksekutif dan legislatif sama saja, ada kekurangan dan kelebihan tersendiri.

"Tidak bisa membandingkan enak dan tidak antara jadi kepala daerah dan DPD RI, karna ada enak di satu sisi tapi tidak enak di sisi lain," katanya.

Menurut Darmansyah, enaknya menjadi kepala daerah bisa mengeksekusi langsung pembangunan dan dapat mengklaim capaian kinerjanya secara fisik.

"Kita bisa bilang itu dulu (pembangunan) jaman saya, yang kerjain itu," ujarnya.

Tapi sebagai lembaga perwakilan, hanya dapat menyalurkan aspirasi dan apa yang menjadi keinginan daerah Kepulauan Bangka Belitung.

"Soal itu nanti akan dipenuhi semua atau tidak itu kan yang jadi eksekutornya kan eksekutif juga," katanya.

( Posbelitung.co/Sepri)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved