Berita Belitung

Polemik Lapangan Bola Porpas, Muncul Surat Pernyataan Sikap Minta Bupati Belitung Cabut SKT

Polemik penerbitan surat keterangan tanah (SKT) di lapangan bola Kelurahan Paal Satu, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung terus bergulir.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Khamelia
(posbelitung.co/dede s)
Foto kondisi lapangan bola Porpas di belakang SDN 24, Tanjungpandan yang menjadi polemik pada Kamis (19/1/2023). 

POSBELITUNG.CO -- Polemik penerbitan surat keterangan tanah (SKT) di lapangan bola Kelurahan Paal Satu, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung terus bergulir.

Bahkan muncul surat pernyataan sikap dari warga Lingkungan 3 dan 4 yang ditandatangani Kepala Lingkungan 3, Kepala Lingkungan 4 berikut 24 ketua RT tertanggal 17 Januari 2023.

Surat yang ditujukan kepada Bupati Belitung dan ditembuskan kepada beberapa instansi terkait itu pada intinya meminta Bupati membatalkan SKT nomor 549/001/SKT/Kel.PS/2023 yang diterbitkan Kelurahan Paal Satu tertanggal 4 Januari 2023.

"Penolakan sebenarnya sudah lama, yang kami heran SKT ini bisa timbul  tanpa ada tanda tangan RT dan saya," ujar Kepala Lingkungan IV Masri kepada posbelitung.co pada Kamis (19/1/2023).

Ia mengakui sempat dipanggil pihak kelurahan meminta menandatangani berkas SKT. Tapi dirinya menolak dikarenakan masyarakat masih bergejolak.

Ternyata SKT di atas lahan sepak bola Persatuan Olahraga Paal Satu (Porpas) itu tetap terbit.

Bahkan lahan tersebut sudah digarap pemiliknya untuk dijadikan tanah kavling.

"Kami minta dicabut SKT, kalau tidak kami demo. Bukan hanya RT tapi warga, demo ke kantor lurah, camat dan DPRD," katanya.

Masri menuturkan dirinya memang pernah membubuhkan tanda tangan sewaktu pertemuan di Kantor Lurah Paal Satu pada Desember 2022 lalu.

Dirinya merasa tanda tangan tersebut terkait hasil rapat bukan persetujuan penerbitan SKT.

"Aku pun sebenarnya sudah keluar tapi rapat belum selesai. Katanya tanda tangan berita acara rapat tapi isinya aku tidak tahu," kata Masri.

Sementara itu, Ketua RT 12 Sri Purwati merasa tidak pernah dilibatkan dalam proses penerbitan SKT di lapangan bola.

Mulai dari pengukuran, pemasangan batas hingga terbitnya SKT.

Dirinya hanya mendapat pesan singkat dari Lurah Paal Satu agar datang ke kantor untuk menandatangani berkas sekaligus membawa cap dan nomor pengantar RT tanggal 29 Desember 2022.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved