Berita Belitung Timur

HUT Ke-2, Jastip Suka Suka Berhasil Gandeng 142 UMKM di Manggar Belitung Timur dan Sekitarnya

Di usia ke-2 tahun, Jastip Suka Suka berhasil menggandeng lebih dari 142 UMKM yang ada di Manggar dan sekitarnya.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Pribadi
Foto bersama usai seminar kewirausahaan dalam perayaan HUT ke-2 Jastip Suka Suka, Minggu (22/1/2023). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Start up lokal Belitung Timur, Jastip Suka Suka, berulang tahun yang ke-2 pada Minggu (22/1/2023). Hingga di usia dua tahun ini, mereka berhasil menggandeng lebih dari 142 UMKM yang ada di Manggar dan sekitarnya.

Founder Jastip Suka Suka Novianto atau akrab disapa Aloy, mengatakan, Jastip Suka Suka dulu didirikan dengan tujuan membangkitkan ekonomi warga, serta menjadi mitra UMKM untuk memasarkan produk-produknya.

"Tahun 2021 tepat pas pandemi, kami berpikir bagaimana caranya membangkitkan ekonomi masyarakat dan membantu UMKM. Terpikir buat layanan jasa titip ini yang alhamdulillaah berkembang hingga kini," kata Aloy kepada Posbelitung.co, Minggu (22/1/2023).

Pihaknya, lanjut Aloy, akan terus memperbaiki kualitas dan pelayanannya sehingga masyarakat semakin mudah untuk mengakses berbagai kebutuhan sehari-hari.

Saat ini, satu dari jastip pertama di Manggar itu melayani jasa titip beli barang, makanan, hingga layanan ojek.

"Belasan kurir kami siap melayani masyarakat Manggar dan sekitarnya. Jastip Suka Suka hadir untuk solusi mager masa kini," kata Aloy sembari berharap makin banyak lagi yang merasakan dampak Jastip Suka Suka di Belitung Timur.

Camat Manggar, Herri Susanto mengapresiasi kehadiran Jastip Suka Suka sebagai sebuah platform digital pertama untuk jasa antar dan titip di Manggar, walaupun dengan konsep sederhana.

Menurutnya adanya start up lokal ini mampu membangkitkan iklim ekonomi bagi UMKM yang ada.

"Selain mampu menggandeng 142 UMKM, Jastip Suka Suka juga membuka lapangan kerja, dengan menggandeng 14 kurir yang saat ini bekerja di Jastip Suka Suka," kata Herri.

Dalam seminar kewirausahaan yang digelar Jastip Suka Suka, dia juga mengingatkan kepada seluruh UMKM dan pelaku usaha agar segera mengurus Nomor Induk Berusaha.

Pemerintah Kecamatan Manggar dan Dinas Perindag dan UMKM Belitung Timur dan Forum UMKM berkomitmen untuk meningkatkan penerbitan NIB UMKM.

"Untuk masyarakat Kecamatan Manggar yang ingin membuat NIB, silakan datang ke pelayanan Kantor Kecamatan Manggar akan segera kami proses dengan waktu tidak lebih dari 60 menit," ucapnya.

NIB merupakan syarat legal UMKM. Dengan adanya NIB, UMKM akan terdata secara nasional dan akan mempermudah bagi mereka yang mengajukan bantuan permodalan.

Dalam perayaan hari ulang tahun kedua yang dipusatkan di Taman Kota Manggar, Jastip Suka Suka menggelar berbagai acara.

Di antaranya, parade lomba lato-lato dan seminar kewirausahaan yang materinya diisi oleh Camat Manggar Herry Susanto, perwakilan Dinas UMKM Marwati, Ketua DPK KNPI Manggar Wahyu, dan Ketua Forum UMKM Pelandok.

Selain itu, juga ada penghargaan atas warung terlaris via Jastip Suka Suka 2023 dan juara satu diberikan kepada Basingla Belitung (Owner Bryan Bimantoro), juara dua Warung Mpok Rani (Owner Chaerani Nufus), dan juara tiga Sambal Selera.

Ada juga penghargaan kepada customer dengan pembelian terbanyak, serta lomba foto produk yang dimenangi oleh Nebula Coffee, Zkuy Drink, dan Dbakar Kuy. ( Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved