Wisata Belitung

Wisata Belitung: Nikmati Keindahan Pantai dari Atas Bukit Samak, Dulunya Area Perumahan Belanda

Bukit Samak ini dulunya merupakan area perumahan para pejabat Belanda. Kemudian dialih fungsikan menjadi rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati.

Penulis: Fitri Wahyuni | Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Area wisata Bukit Samak A1 di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Minggu (18/9/2022). 

POSBELITUNG.CO -- Destinasi wisata Bukit Samak terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bukit Samak ini dulunya merupakan area perumahan para pejabat Belanda.

Selain perumahan, di sini juga juga terdapat bangunan mewah yang dulu ditinggali para eksekutif perusahaan PT Timah di kota Manggar.

Rumah di Bukit Samak yang sebelumnya ditempati para pejabat Belanda ini kemudian dialih fungsikan menjadi rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggar.

Namun saat ini, dengan kerjasama pemerintah dan masyarakat sekitar, kawasan Bukit Samak kemudian disulap menjadi sebuah obyek wisata rekreasi baru yang ada di Beliltung Timur.

Area wisata Bukit Samak A1 di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Minggu (18/9/2022).
Area wisata Bukit Samak A1 di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Minggu (18/9/2022). (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Bukit Samak menawarkan pemandangan alam dari atas bukit, berupa perairan laut Belitung Timur yang sangat indah.

Panorama alam dengan sudut pandang yang luas, seperti pemandangan Pantai Nyiur Melambai, Pantai Tebing, Pantai Oliver, serta Kota Manggar dapat Anda lihat dengan leluasa.

Selain itu, lalu lalang kapal pun akan menjadi daya tarik sendiri saat Anda melihat panorama alam dari atas Bukit Samak.

Di dukungan udara yang sejuk di pagi dan sore hari, menjadikan Bukit Samak semakin memikat untuk didatangi sembari bersantai.

Tidak hanya menawarkan panorama alamnya saja, Bukit Samak juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas dan spot foto menarik guna memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang.

Di antaranya terdapat replika kerbau, replika perahu kater, tulisan 'Bukit Samak' sebagai ikon, bendera dari berbagai negara eks G20 lalu, serta monumen gerhana matahari total.

Bukit A1 Samak
Bukit A1 Samak (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Selain itu, di Bukit Samak ini juga terdapat gazebo, musholla, play ground, cafe, dan restoran.

Bahkan untuk Anda yang berminat bermalam di sini, juga tersedia penginapan dengan beberapa layanan seperti full AC, gedung serba guna, hiburan, dan lain sebagainya.

Dengan segala hal yang ditawarkan, Bukit Samak menjadi salah satu tujuan favorit para muda-mudi Kota Manggar terutama pada akhir pekan untuk bersantai atau pun berfoto ria.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved