BPJS Kesehatan Belitung Buka Pendaftaran Peserta Baru

Apabila sudah terdaftar, peserta akan langsung bisa memfungsikan kartu tersebut untuk berobat.

BPJS Kesehatan Belitung Buka Pendaftaran Peserta Baru
pos belitung
Peserta BPJS Kesehatan antre untuk mendapatkan pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung, Rabu (9/1). 

Laporan wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

POSBELITUNG.CO, TANJUNGPANDAN - Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Belitung membuka pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan kepada masyarakat. Ada dua kategori kepesertaan yakni sistem mandiri dan iuran ditanggung Pemkab Belitung.

Untuk sistem iuran yang dibayar pemkab sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 36 tentang Jaminan Kesehatan Masyarakat Belitung (JKMB) yakni berlaku untuk kategori kelas III. Sedangkan kepesertaan untuk kelas II dan kelas I tetap harus sistem mandiri.

"Sekarang kami sudah mulai. Ketika masyarakat ingin mendaftar, kami tawarkan apakah ingin mandiri atau ditanggung pemerintah. Tapi itu khusus untuk pendaftaran baru," kata Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung, Andri Rikopaltera kepada Pos Belitung, Rabu (9/1).

Menurutnya, khusus untuk program JKM, warga tetap melakukan pendaftaran ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa fotokopi KTP-Elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Apabila sudah terdaftar, peserta akan langsung bisa memfungsikan kartu tersebut untuk berobat.

"Yang belum mendaftar silahkan. Kami berharap memang tidak semua peserta ikut program yang ditanggung pemerintah. Yang mampu silahkan sistem mandiri. Sekarang saja untuk pelayanan kami mengalami peningkatan setelah ada progam JKM ini, jadi ramai terus," katanya.

Menurutnya, tercatat hingga Desember 2018 sudah 95 persen masyarakat Belitung yang menjadi peserta BPJS Kesehatan, tinggal sekitar 5.000 warga lagi yang belum terdaftar.

"95 persen itu sama dengan 160.074 jiwa dari data penduduk Belitung 165.466 jiwa. Sisanya itu nanti kami sudah upayakan dari hasil rapat, diumumkan di media agar masyarakat segera mendaftarkan diri. Jangan sampai menunggu sakit baru mendaftar," katanya.

Berita selengkapnya baca edisi cetak Harian Pos Belitung edisi Kamis, 10 Januari 2019. (*)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Tedja Pramana
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved