Breaking News:

Opini

Mengingat Sejarah, Refleksi Peringatan 13 Tahun Pembentukan Kabupaten Belitung Timur

"WARGA Beltim Bersorak di Gedung DPR RI".

google
Ilustrasi foto wisata beltim 

Mengingat Sejarah
(Refleksi Peringatan 13 Tahun Pembentukan Kabupaten Belitung Timur; 27 Januari 2003 - 27 Januari 2016)

Oleh : Zikril Sukardi
(Mantan Pegawai Bagian Penerangan Setda Kabupaten Belitung 2000-2003/Pegawai Disdukcapil Kabupaten Beltim)

"WARGA Beltim Bersorak di Gedung DPR RI". Belitung Timur (Beltim) sah menjadi Kabupaten sendiri lepas dari Kabupaten Induk, setelah DPR RI mengesahkan RUU tentang pembentukan 25 kabupaten/kota di Indonesia. Pemekaran untuk Provinsi Bangka Belitung menjadi Undang Undang Senin 27 Januari 2003 sekitar pukul 12.45 WIB.

Ketok palu persetujuan Undang Undang (UU) tersebut berlangsung dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB dengan acara Pandangan Akhir Sembilan Fraksi (TNI, POLRI, KKI, PDU, PDIP, Golkar, PKB, PPP dan Fraksi Reformasi) DPR RI tentang pembentukan 25 Kabupaten / Kota.

Sebelum mengesahkan UU pemekaran itu, DPR RI pada pagi harinya melalui rapat paripurna juga menyetujui RUU tentang Pembenahan menjadi undang undang.

Sekitar 20 an pemuda asal Belitung Timur bersama 10 anggota Komite perjuangan Kabupaten Belitung Timur yang tergabung dengan masyarakat dari 24 kabupaten/kota lainnya di Indonesia sudah menanti hasilnya. Sejak pagi hari menyambut gembira keputusan tersebut. Bahkan banyak di antara mereka yang berpelukan dan menitikkan air mata begitu antusias menyambut keputusan tersebut.

Mereka yang mengikuti jalannya sidang, dari balkon Gedung Nusantara V DPR RI spontan bersorak dan saling berpelukan begitu Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sutardjo Suryo Guritno yang memimpin rapat mengetuk palu mengesahkan 10 RUU tentang Pembentukan kabupaten / kota (Pos Belitung, edisi Selasa 28 Januari 2003).

Salah satu dari hasil keputusan penting tersebut adalah melahirkan Undang undang No 5 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Belitung Timur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Uraian di atas merupakan salah satu peristiwa sejarah yang penulis kutip dari berita Harian Pos Belitung edisi Selasa 28 Januari 2003. Puncak perjuangan panjang warga Beltim untuk menjadikan 4 Kecamatan (Manggar, Gantung, Kelapa Kampit, Dendang) dari 9 wilayah kecamatan di Kabupaten Belitung saat itu membuahkan hasil.

Penulis mencoba merelease, mengajak pembaca mengingat kembali beberapa momen bersejarah perjuangan pembentukan Kabupaten Beltim, berdirinya Kabupaten Beltim,pemerintah daerah (eksekutif), pemerintahan daerah (legislatif dan eksekutif) dan masa masa awal berdirinya sekretariat daerah Kabupaten Beltim serta sekilas momen yang menjadi puncak perjuangan pembentukan daerah baru ini.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved