Breaking News:

Lipsus Cagar Budaya

Pesona Cagar Budaya Jam Gede Belitung Pudar

Satu dari 38 benda cagar budaya hasil pendataan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung pada 2014 lalu adalah Jam Gede.

Editor: Edy Yusmanto
Pos Belitung/Wahyu Kurniawan
Bungkus obat batuk berserakan di halaman eks Hotel Dian cagar budaya Benteng Kuehn, Selasa (29/3/2016) sore. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Wahyu Kurniawan

POSBELITUNG.COM, BELITUNG - Satu dari 38 benda cagar budaya hasil pendataan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung pada 2014 lalu adalah Jam Gede.

Lokasinya kini menjadi sebuah tempat pusat perbelanjaan di Tanjungpandan. Namun kondisi halaman gedung peninggalan perusahaan timah Belanda itu sekarang kurang tertata secara baik.

Jam Gede tampak diselimuti lima pohon berukuran sedang dan dua pohon berukuran besar. Sementara di halamannya terdapat tiang lampu yang digantungi spanduk, bekas kotak sampah yang sudah rusak, papan tanda batas kelurahan, tiang rambu petunjuk arah, dua tiang kabel jaringan, plang tanda cagar budaya, pot kembang yang sudah rusak, serta sampah plastik.

Halaman gedung tersebut juga terdapat sebuah papan reklame yang tingginya hampir sama seperti bangunan Jam Gede. Monumen peristiwa nasionalisasi perusahaan timah Belanda juga terdapat coretan cat semprot bernada jorok.

Pimpinan Belitungisland.com tour and travel , Kusuma Kosasih mengatakan, kondisi Jam Gede saat ini membuat orang kesulitan mencari sudut pandang yang baik untuk berfoto. Menurutnya hal ini tidak bisa disepelekan mengingat Jam Gede adalah daya tarik utama pusat Kota Tanjungpandan.

"Padahal nilai sejarah Jam Gede itu sudah sangat kuat dan menarik. Tapi kalau kondisinya seperti itu jelas daya tariknya menjadi pudar, jadi orang melihat hanya sekali lalu," kata Kusuma kepada posbelitung.com, Senin (28/3/2016).

BACA: Cagar Budaya Pulau Belitung Belum Terkelola Baik

Menurutnya, cagar budaya (heritage) adalah daya tarik utama Kota Tanjungpandan, sebab merupakan bukti sejarah kejayaan tambang timah di Pulau Belitung.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved