Breaking News:

Lipsus Mabuk Pembalut

Kepala Dinas Pendidikan Melongo, Ada Pelajar Mabuk Air Rebusan Pembalut

Ia mengaku kaget ketika diceritakan temuan Pos Belitung soal kelakuan oknum remaja berstatus pelajar yang menyalahgunakan pembalut.

Penulis: Dedi Qurniawan | Editor: Edy Yusmanto
Kepala Dinas Pendidikan Melongo, Ada Pelajar Mabuk Air Rebusan Pembalut
www.klikdokter.com
Ilustrasi pembalut wanita

POSBELITUNG.COM, BELITUNG TIMUR - Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Hartoyo tampak melongo keheranan, Jumat (5/8/2016).

Ia mengaku kaget ketika diceritakan temuan Pos Belitung soal kelakuan oknum remaja berstatus pelajar yang menyalahgunakan pembalut.

Hartoyo tak tahu dan tak habis pikir jika disebutkan pelaku mabuk pembalut adalah remaja SMP dan SMA. Padahal, sosialisasi sudah disampaikan secara terus menerus di berbagai tingkatan, baik di sekolah saat upacara hingga disampaikan kepada kepala sekolah melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Beltim.

Dari penuturan Hartoyo, tampaknya upaya pencegahan melalui kegiatan kegiatan sosialisasi sudah tak mempan membendung kelakuan negatif para oknum remaja.

"Saya prihatin. Semuanya kembali kepada kesadaran masyarakat dan anggota keluarga. Pendidikan itu tanggung jawab bersama. Pertama pemerintah, kedua, orangtua atau keluarga, dan ketiga masyarakat," kata Hartoyo.

"Peran serta masyarakat itu juga perlu. Misalnya kalau obat batuk, kalau sudah beli berkotak kotak, yang beli remaja, seharusnya sudah bisa curiga. Jadi sama sama perannya," ujarnya lagi.

Selain itu, menurut Hartoyo langkah pencegahannya juga bisa dibentuk melalui tim terpadu. Tim ini, bertugas menghalau dan meminimalisir potensi potensi perilaku negatif oleh pemuda dan remaja.

Artinya bukan hanya penyalahgunaan pembalut, tapi juga terkait penyalahgunaan miras, obat batuk kemasan (sachet) hingga narkoba.

"Tim terpadu lah itu di tingkat kabupaten. Saya dengar ada rencana bentuk itu," kata Hartoyo.

Selengkapnya baca edisi cetak POS BELITUNG Sabtu (6/8/2016)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved