Breaking News:

LIPSUS GEOPARK

(VIDEO) Uniknya Lava Bantal Ratusan Tahun di Pantai Siantu

Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, dan Pulau Lengkuas menjadi objek wisata unggulan setelah booming film laskar pelangi.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Edy Yusmanto

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi


POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Negeri laskar pelangi memiliki pelbagai kekayaan sumber daya alam (SDA). Pesisir pantai menjadi unggulan utama, bagi daerah yang sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Budaya pertambangan timah, kini sedikit demi sedikit sudah mulai ditinggalkan.

Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, dan Pulau Lengkuas menjadi objek wisata unggulan setelah booming film laskar pelangi.

Namun dibalik tempat tujuan wisata tersebut, masih terdapat pelbagai pantai yang begitu unik berada diwilayah Utara Kabupaten Belitung.

Pantai itu sangat berbeda dibandingkan dengan pantai yang ada di negeri bertuah ini. Pada umumnya pantai di Kabupaten Belitung, dilengkapi dengan bebatuan granit sebagai pelengkap untuk beraktivitas.

Kendati pantai yang disebut oleh masyarakat Siantu itu, memiliki geowisata yang sangat unik.

Apa keunikan pantai yang berada di Dusun Kelik, Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung itu?. Bebatuan yang ada dipantai yang memiliki panjang sekitar 5 kilo meter (km) itu, bukan dilengkapi dengan batu granit, melainkan bebatuan hasil eruksi gunung api.

Konon pantai itu disebut dengan Pantai Siantu, lantaran pada zaman terdahulu pantai ini dikenal sebagai tempat perkumpulan makhluk halus (hantu). Pantai yang masih belum terkelola itu, mulai berani dilewati oleh masyarakat kampung sekitar pada tahun 1930 an.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved