Breaking News:

Amankan Mudik Lebaran Sekaligus Cegah Aksi Terorisme, Polri Turunkan Sniper dari Satuan Brimob

Kerawanan di Lebaran 2018 terutama dalam proses arus mudik dan arus balik dikhawatirkan adanya gangguan kriminal berupa terorisme.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Upacara pengamanan Lebaran 2018 TNI/Polri 

POSBELITUNG.CO Apel pengamanan Lebaran 2018 yang berlangsung di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (6/6) kemarin tampak istimewa.

Bagaimana tidak, apel itu dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dua pimpinan itu bisa berdiri di mimbar upacara yang sama sebagai inspektur upacara setelah UU Antiterorisme disahkan oleh DPR RI pada Jumat (25/5/2018) lalu.

Kerawanan di Lebaran 2018 terutama dalam proses arus mudik dan arus balik selain dikhawatirkan adanya gangguan kriminal juga adanya ancaman gangguan berupa terorisme.

Adanya unsur gangguan terorisme inilah membuat pasukan TNI harus diturunkan guna mem-back up tugas-tugas Polri selama Lebaran 2018.

Polri sebenarnya telah mengerahkan semua personelnya guna mengamankan Lebaran 2018 termasuk menurunkan para sniper Brimob dari tiap Polda guna mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan dari jarak jauh.

Para sniper Brimob yang bertugas secara tersembunyi di daerah-daerah rawan ini sebenarnya berbeda dibandingkan tugas para sniper TNI.

Pasalnya para sniper Brimob tetap bertugas dengan prosedur kepolisian dan tujuannya adalah melumpuhkan penjahat dalam kondisi hidup, untuk kemudian ditangkap, dan diproses secara hukum berdasar bukti-bukti yang menyertainya.

Sedangkan para sniper TNI yang biasa bertugas dalam pertempuran bertujuan menghancurkan lawan sehingga tembakan sniper yang bermotto ‘satu peluru satu nyawa’ cenderung mematikan.

Sniper Brimob
 
Sniper Brimob

Kehadiran para sniper Polri, meskipun ketika sedang bertugas posisinya dirahasiakan, oleh setiap Kapolda juga diumumkan ke media massa.

Halaman
12
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved