Breaking News:

Disdik Terapkan Zonasi PPDB, Lintas Zonasi Dikenakan Pengurangan Nilai

Dinas Pendidikan Bangka Belitung menerapkan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun Pelajaran 2018/2019 untuk jenjang SMA.

net
ilustrasi 

POSBELITUNG.CO - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerapkan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun Pelajaran 2018/2019 untuk jenjang SMA.

Sedangkan untuk jenjang SMK tidak diberlakukan sistem zonasi, lantaran merupakan jurusan keahlian dan peminatan.

Sistem zonasi ini berlaku untuk lintas Kabupaten/kota dan juga zonasi di dalam kabupaten/kota. Mekanisme yang digunakan dalam sistem zonasi berpartokan pada domisili peserta didik dengan jarak ke sekolah.

Ketua Panitia PPDB Dinas Pendidikan Babel, Wahyudin mengatakan untuk zonasi lintas kabupaten diberlakukan dengan pemotongan nilai atau pengalian nilai SHUN dan piagam dikalikan 0,7.

Sedangkan untuk lintas zonasi dalam kabupaten/kota menggunakan mekanisme pengurangan nilai atau pengalian nilai SHUN dan piagam dikalikan 0,6.

"Untuk SMK tidak menggunakan zonasi bebas karena ini mereka keahlian, yang menggunakan Zonasi untuk SMA, kalau zonasi di dalam kabupaten/kota menggunakan mekanisme pengalian 0,7. Sedangkan untuk yang didalam kota untuk zonasi diserahkan ke cabang dinas masing-masing," kata Wahyudin, Senin (2/7).

Lebih lanjut, ia menyampaikan zonasi dilihat dari domisili calon peserta yang dibuktikan dengan kartu keluarga.

"Misalnya tinggalnya di air itam, zonasinya masuk SMAN 2, kalau memang lintas zonasi mau masuk ke SMA 1 tetap bisa masuk tapi menggunakan mekanisme pengurangan nilai dikali 0,6," katanya.

Pengurangan nilai untuk lintas kabupaten tidak diberlakukan apabila orangtuanya pindah domisili, misalnya orang tuanya dari Belitung pindah ke Pangkalpinang. Kedua, Bencana alam dan ketiga apabila sekolah yang dituju terpaut jauh dengan domisilinya.

"Misalnya anak di Kace itukan zonasi Bangka, tapi karena lebih dekat dengan SMP 5 maka sekolah di situ, kemudian untuk melanjutkan ke SMA berdasarkan domisili zona harus ke SMA Mendo Barat, tapi kita ada pengecualian karena rumahnya dekat dengan di Pangkalpinang, maka dia tidak dikenakan 0,7 kalau dia sekolah ke Pangkalpinang," jelasnya.

Halaman
123
Editor: Khamelia
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved