Breaking News:

Peneliti Jepang Telusuri Jalur Migrasi Burung Layang-layang Api sampai ke Indonesia

Ribuan burung Layang-layang Api (Hirundo rustica) akan menjadi pemandangan yang tak biasa di kawasan belakang Pasar Beringharjo

Editor: Evan Saputra
HBW.COM
Burung Layang-layang Api atau Hirundo rustica. Peneliti Jepang Telusuri Jalur Migrasi Burung Layang-layang Api sampai ke Indonesia 

Peneliti Jepang Telusuri Jalur Migrasi Burung Layang-layang Api sampai ke Indonesia

POSBELITUNG.CO - Ribuan burung Layang-layang Api (Hirundo rustica) akan menjadi pemandangan yang tak biasa di kawasan belakang Pasar Beringharjo, Taman Budaya Yogyakarta, hingga sepanjang Jalan Suryotomo dalam beberapa waktu ke depan.

Manuver kawanan burung yang juga dikenal dengan nama Layang-layang Asia itu, sangat indah dan menakjubkan.

Ribuan burung melayang-layang membentuk formasi besar di udara, meliuk-liuk seperti diatur, sebelum turun dan hinggap di bentangan kabel listrik atau pepohonan.

Kehadiran kawanan burung terpantau sejak bulan lalu, dan dikenal sebagai siklus rutin tahunan sebagai fauna migran dari kawasan nontropis.

Kawanan burung yang masuk marga Hirundo ini akan mencari tempat hinggap dan tinggal sepanjang malam selama berminggu-minggu.

Dikutip dari Mongabay.co.id, pemandangan serupa juga terjadi di beberapa daerah lain di Indonesia.

“Namun puncak kedatangan burung burung migrasi itu Desember. Januari, burung layang-layang api sudah berkurang, dan balik pada Maret hingga April,” kata Abdul Rahman Hafif dari Birds Conservation Society (Bicons) kepada Mongabay.

Sekilas, jenis burung ini hampir sama dengan jenis burung walet, tetapi jika diteliti lebih dalam lagi terdapat banyak perbedaan dengan burung layang-layang batu lokal.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved