Gempa Guncang Wilayah Sumatera Barat, Berikut Informasi BMKG

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada

Gempa Guncang Wilayah Sumatera Barat, Berikut Informasi BMKG
vsi.esdm.go.id
Penjelasan Gempa Bumi yang Mengguncang Wilayah Tenggara Sumatera Barat 

POSBELITUNG.CO - Gempa bumi menguncang wilayahSumatera Barat pada Kamis (28/2/2019) pukul 06:27 WIB.

Berikut penjelasan penyebab gempa dilansir dari siaran pers vsi.esdm.go.id :

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada pada koordinat 1,40°LS dan 101,55°BT (38 km sebelah timurlaut Pasaman, Sumatera Barat), dengan magnitudo M5,6 pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan informasi dari GeoForschungsZentrum (GFZ) Jerman, pusat gempa bumi berada pada koordinat 1,39°LS dan 101,49°BT, dengan magnitudo M5,0 dan kedalaman 10 km.

The United States Geological Survey , Amerika Serikat melaporkan bahwa pusat gempa bumi berada pada koordinat 1,301°LS dan 101,601°BT, dengan magnitudo M5,4 dan kedalaman 10 km.

1. Kondisi geologi daerah terdampak gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di darat. Daerah yang terdekat dengan pusat gempa bumi umumnya disusun oleh endapan gunungapi Kuarter, batuan sedimen, dan batuan gunungapi berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan.

Guncangan gempa bumi akan terasa lebih kuat di daerah yang disusun oleh batuan gunungapi berumur Kuarter dan batuan berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan kuat karena bersifat urai dan mengamplifikasi guncangan gempa bumi.

2. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi ini di sebabkan oleh aktifitas sesar di lokasi tersebut.

Halaman
12
Editor: kamri
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved