Breaking News:

Golok Sorenan, Golok Raksasa Dari Depok yang Panjangnya 4,5 Meter

Golok dikenal sebagai senjata bagi suku Betawi. Golok biasanya juga menjadi aksesoris dengan diselipkan ke dalam ikatan di pinggang.

KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA
Golok sorenan di Jalan Krukut Gang Galur, Krukut, Limo, Depok, Jawa Barat, Kamis (4/4/2019) 

POSBELITUNG.CO - Golok dikenal sebagai senjata bagi suku Betawi. Golok biasanya juga menjadi aksesoris dengan diselipkan ke dalam ikatan di pinggang.

Namun, golok yang satu ini tidak bisa dibawa ke mana-mana oleh satu orang. Sebab, ukurannya raksasa, yaitu dengan panjang 4,5 meter.

Kompas.com berkesempatan untuk melihat Golok Sorenan yang tengah dipajang di sanggar Jalan Tangan Betawi Muda (JBTM) di Jalan Krukut Gang Galur, Krukut, Limo, Depok, Jawa Barat.

Golok sorenan Kemang ini memiliki berat 200 kilogram atau 2 kwintal.

Panjang bilah golok sorenan ini sebesar 320 sentimeter dengan ketebalan bilah 3,5 milimeter. Sarungnya sendiri memiliki lebar 45 sentimeter.

Golok itu pun menjadi tontonan warga dan menjadi tempat swafoto masyarakat lantaran bentuknya yang panjang dan unik.

Golok sorenan ini ternyata dipersiapkan untuk Festival Palang Pintu ke -14 Kemang, Jakarta Selatan pada 26 April 2019.

Pemilik golok sorenan raksasa, Edi Mulyadi Murtado yang juga Wakil Festival Palang Pintu ke-14 mengatakan, pembuatan golok tersebut hanya berlangsung selama dua minggu. Pembuatan ini lebih cepat dari yang ia perkirakan.

“Saya awalnya mengira ini akan jadi dua bulan, namun malah cepat banget jadi 2 minggu berkat bantuan teman-teman sanggar Jalan Tangan Betawi Muda (JBTM),” ucap Edi di sanggar Jalan Tangan Betawi Muda (JBTM) yang ada di Jalan Krukut Gang Galur, Krukut, Limo, Depok, Jawa Barat, Kamis (4/4/2019).

Martroji (kanan) dan Junaedi (kiri), pengrajin golok di Depok, Kamis (4/4/2019).
Martroji (kanan) dan Junaedi (kiri), pengrajin golok di Depok, Kamis (4/4/2019). (KOMPAS. COM/CYNTHIA LOVA)

Ia mengatakan, pembuatan golok terpanjang ini tidak semata-mata untuk dipamerkan, namun merupakan salah satu bentuk pembuktian apabila senjata budaya Betawi ini masih dicintai masyarakat.

Halaman
12
Editor: Fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved