Berita Belitung

Peraturan Bupati Belitung Tentang Sanksi Pembuang Sampah Sembarangan Hampir Rampung

Rancangan peraturan Bupati Belitung (Perbup) tentang sanksi bagi pembuang sampah sembarang sudah beberapa kali dilakukan pembahasan.

Peraturan Bupati Belitung Tentang Sanksi Pembuang Sampah Sembarangan Hampir Rampung
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kabag Hukum Setda Pemkab Belitung Imam Fahdli. 

POSBELITUNG.CO - Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Imam Fadhli mengatakan, saat ini untuk rancangan peraturan Bupati Belitung (Perbup) tentang sanksi bagi pembuang sampah sembarang sudah beberapa kali dilakukan pembahasan.

Namun terdapat beberapa materi yang sedang dilakukan pembahasan. Terutama terkait dengan konsultasi dokumen Perbup itu kepada penyidik Kejaksanaan dan penyidik kepolisian.

"Sekarang sedang mau difinalkan untuk perbup itu, tinggal di singkronkan data saja. Terakhir kemarin yang menjadi pembahasan tentang aspek HAM (Hak Azazi Manusia) yang perlu pertimbangan, agar tidak ada unsur pelanggaran HAM disitu," kata Imam kepada posbelitung.co, Selasa (9/4/2019).

Imam, belum bisa memastikan kapan perbub selesai. Namun yang pasti akan di sahakan secepat mungkin. Apabila tidak menuai halangan, April 2019 ini bisa terselesaikan.

"Karena memang kami juga sudah ditunggu. Kalau untuk denda kemarin, diskresinya memang ada penguatan untuk berbadan hukum dan perorangan berbeda nilainya. Tinggal itu saja sebetulnya," ujarnya.

Rencana sanksi bagi pembuangan sampah secara sembarang, maka diberikan hukuman sesuai dengan peraturan. Kisaran denda yang diterima oleh pelaku pembuang sampah sembarangan berkisaran antara Rp 100.000,- hingga Rp 500.000,- untuk per orang.

Sedangkan untuk pelaku pembuangan sampah yang berbadan hukum atau berbadan usaha, maka akan berbeda lagi dari nilai denda perorangan itu. Bagi yang melaporkan tentang pelaku pembuangan sampah sembarangan, maka akan diberikan kompensasi sebesar Rp 100.000,-

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved