Berita Belitung

Bakuda Babel Datangi KPPN Tanjungpandan Pelajari Perbaikan Pelayanan

Kepala UPT Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Belitung Timur Alexander Ikhsan mendatangi KPPN Tanjungpandan

Bakuda Babel Datangi KPPN Tanjungpandan Pelajari Perbaikan Pelayanan
Ist/KPPN Tanjungpandan
Kepala KPPN Tanjungpandan Rd Yen Yen Nuryeni memberi penjelasan Kepala UPT Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Belitung Timur Alexander Ikhsan 

POSBELITUNG.CO-- Kepala UPT Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Belitung Timur Alexander Ikhsan mendatangi KPPN Tanjungpandan dalam rangka mencari lanjutan inspirasi untuk membangun organisasi dengan tata kelola moderen.

Kedatangan tersebut disambut terbuka oleh Kepala KPPN Tanjungpandan Rd Yen Yen Nuryeni.

Organisasi dengan tata kelola modern harus baik dalam mengelola sarana prasarana dan SDM (sumber daya manusia), sehingga memberikan kualitas layanan yang sangat memuaskan kepada stakeholders.

KPPN Tanjung Pandan, yang telah berhasil meraih predikat WBK pada tahun 2018 dan sedang berproses untuk mendapatkan predikat WBBM di tahun 2019, memiliki sarana dan prasana yang memadai dengan SDM yang selalu berorientasi pada kepuasan pengguna layanan.

Oleh karena itu, KPPN Tanjung Pandan dijadikan kiblat oleh Kepala UPT Bakuda Prov. Babel di Beltim untuk mencari tambahan inspirasi-inspirasi lain yang bisa mengubah kantornya ke arah yang lebih baik.

“Saya sudah berkali-kali datang ke KPPN Tanjungpandan untuk belajar dan menemukan inspirasi dalam perbaikan kualitas layanan. Banyak inspirasi yang saya dapat, khususnya tentang pelayanan dan layout kantor moderen," ungkap Alexander melalui rilis yang dikirimkan pihak KPPN Tanjungpandan kepada posbelitung.co, Rabu (3/7/2019).

Pada kunjungan tersebut, Yen Yen mengajak Alexander untuk melihat perubahan-perubahan positif yang terjadi pada KPPN Tanjungpandan.

jika dibandingkan dengan bulan Februari 2019 lalu saat kunjungan Alexander sebelumnya,  KPPN Tanjung Pandan memang senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan kepada stakeholders. Hal ini dibuktikan dengan rehab aula kantor, “Lolipop” (Lounge and Literacy Populer), dan membuat “Wall of Pers” sebagai masterpiece proses pembangunan Zona Integritas pada KPPN Tanjung Pandan.

Saat Alexander menanyakan apa kunci keberhasilan dalam menggerakkan organisasi hingga bisa sedinamis dan berorientasi pada perubahan yang positif seperti ini, Yen Yen menyampaikan bahwa perubahan mindset kepada setiap pihak pada organisasi adalah yang utama.

“Perubahan mindset tersebut adalah bahwa tidak ada yang nyaman dengan perubahan karena kita keluar dari zona nyaman masing-masing. Dan di saat akan membuat perubahan positif, jangan fokuskan bahwa ide tersebut hanya dari pimpinan, tetapi rangkul semua pihak di sekitar kita. Ajak mereka untuk berprinsip bahwa perubahan positif adalah suatu sistem milik bersama untuk disukseskan secara bersama," terang Yen Yen.

“Saya mengaku banyak belajar dari KPPN Tanjung Pandan dan telah kami terapkan di kantor kami, khususnya dalam hal pelayanan di samsat loket khusus yang kami bangun untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Tentunya karena saya terinspirasi dari layout layanan KPPN Tanjung Pandan yang sangat modern. Sepertinya saya akan datang ke KPPN Tanjung Pandan lagi untuk menemukan inspirasi-inspirasi lain untuk peningkatan kualitas layanan kami sambil membawa tim-tim kami," ungkap Alexander.

“Kami sangat terbuka kepada pihak luar untuk belajar kepada kami tentang organisasi modern, pembangunan Zona Integritas, dan isu tentang peningkatan kualitas layanan lainnya. Adalah suatu keharusan masyarakat mendapatkan excellent service dari kita sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) karena ini semua demi kemajuan Pulau Belitung.” pungkas Yen Yen. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved