Terungkap Ada Tiga Calon Ibukota Negara, Pembangunan Bakal Dimulai Tahun 2020, Ini Info Terbaru

Terungkap Ada Tiga Calon Ibukota Negara, Pembangunan Bakal Dimulai Tahun 2020, Ini Info Terbaru

Terungkap Ada Tiga Calon Ibukota Negara, Pembangunan Bakal Dimulai Tahun 2020, Ini Info Terbaru
Setkab.go.id/JAY/Humas
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membenarkan jika Ibu Kota Indonesia akan dipindah dari DKI Jakarta ke Pulau Kalimantan setelah mengunjungi kawasan wisata The Kaldera Toba Nomadic Escape, di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumut, Selasa (30/7/2019) siang. 

POSBELITUNG.CO - Lokasi ibukota begara yang baru sampai saat ini masih menjadi tanya. Namun pemerintah memastikan Ibukota Negara akan berada di Pulau Kalimantan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memastikan, bahwa Ibu Kota Negara akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu tempat di Kalimantan.

Namun belum disebutkan di provinsi mana kelak lokasi ibu kota baru itu.

Sejumlah nama daerah mencuat beberapa waktu terakhir.

Dua daerah yakni Bukit Soeharto atau Gunung Mas santer digadang-gadang menjadi calon Ibukota Negara.

Berikut sejumlah fakta terbaru tentang ibukota negara:

1. Ada Tiga Kandidat

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengemukakan, dalam rapat terbatas hari ini, pihaknya telah memaparkan 3 (tiga) kandidat ibu kota yang kesemuanya berlokasi di Pulau Kalimantan.

“Tadi kami menyampaikan analisa dari masing-masing kandidat dari Kalimatan Tengah, Kalimantan Selatan maupun Kalimantan Timur dan kemudian kami sampaikan kelebihan dan kekurangannya,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro usai mengikuti Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/8) siang.

Selain itu, lanjut Bambang, tim pemerintah yang dipimpin oleh Bappenas bersama beberapa kementerian terutama Kementerian PUPR, ATR/BPN, Kementerian LHK dan berbagai badan yang terkait telah menyampaikan bagaimana kira-kira bentuk kota yang akan dibangun di pusat pemerintahan baru tersebut dan skema pembiayaannya.

Halaman
1234
Penulis: Teddy M (tea)
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved