KPPN Tanjung Pandan Lulus Sertifikasi Layanan Standar Internasional

Tim Auditor Surveillance Audit ISO 9001:2015 menguji layanan KPPN Tanjung Pandan untuk layak distandarkan secara internasional, Senin (13/8/2019).

KPPN Tanjung Pandan Lulus Sertifikasi Layanan Standar Internasional
IST/dok KPPN Tanjungpandan
Kepala KPPN Tanjung Pandan Rd Yen Yen Nuryeni berfoto bersama jajarannya, Senin (13/8/2019). 

POSBELITUNG.CO - Tim Auditor Surveillance Audit ISO 9001:2015 menguji layanan KPPN Tanjung Pandan untuk layak distandarkan secara internasional, Senin (13/8/2019).

Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 melalui proses penjaminan mutu pada KPPN dilaksanakan untuk menghasilkan layanan yang sesuai dengan harapan mitra kerja dan standar internasional, serta dituntut untuk terus menerus meningkatkan kualitas layanan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan stakeholder.

KPPN Tanjung Pandan menjadi salah satu dari 10 KPPN yang menentukan keberhasilan layanan pada seluruh KPPN se-Indonesia untuk mempertahankan (surveillance) sertifikasi internasional ISO 9001:2015 di tahun 2019.

“Surveillance audit ISO 9001:2015 ini merupakan quality assurance atas konsep organisasi modern yang telah kami bangun dan dilakukan improvement yang berkesinambungan,” ungkap Yen Yen kepada tim auditor yang didatangkan dari pihak ketiga, yaitu PT TUV Rheiland.

Setelah penyampaian oleh Kepala KPPN Tanjung Pandan, acara dilanjutkan dengan audit di setiap seksi dan sub bagian yang ada di KPPN Tanjung Pandan.

Audit tersebut meliputi seluruh proses bisnis yang harus sesuai dengan standar operasional prosedur, baik dokumen persyaratan maupun waktu penyelesaian layanan.

Tim auditor cukup jeli dalam memeriksa semua dokumen layanan dan mencocokkannya dengan segala ketentuan yang berlaku.

Begitu menyelesaikan seluruh rangkaian surveillance audit tersebut, tim auditor mengekspos hasilnya kepada seluruh pegawai KPPN Tanjung Pandan.

Alhasil dari tim auditor tidak menemukan temuan mayor maupun minor, bahkan berdasarkan observasi banyak ditemukan positive observation.

Diantaranya banyaknya inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan, sebagai unit yang ditunjuk untuk meraih WBBM, role model kantor modern,toilet berkonsep bintang lima, penghargaan internasional dari Mediaspora Australia, dan penghargaan lainnya dari Pemda, BUMN, serta swasta di tahun 2019.

Hasil audit tersebut berhasil dengan status “close”, yang artinya tidak perlu ada tindak lanjut atas hasil pemeriksaan karena tidak ada temuan, sehingga KPPN Tanjung Pandan berhasil meraih dan mempertahankan predikat sertifikasi ISO 9001:2015 di tahun 2019 ini.

“Sungguh hasil yang menggembirakan. Memang usaha tidak mengkhianati hasil. Alhamdulillah tim KPPN Tanjung Panda berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 di tahun 2019 ini yang menjadi penentu KPPN se-Indonesia. Standardisasi jadi pendorong perbaikan, perbaikan mendorong kesempurnaan. Teruslah memperbaiki negeri ini walaupun dari hal yang paling kecil." pungkas Yen Yen saat menutup rangkaian kegiatan audit tersebut.

(Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved