Berita Belitung

Pengrusak Mangrove Diberikan Waktu 60 Hari untuk Pulihkan Lahan

pelaku pengrusak mangrove atau pemilik lahan atau yang bertanggung jawab terhadap lahan tersebut, wajib melakukan pemulihan lahan kembali.

Pengrusak Mangrove Diberikan Waktu 60 Hari untuk Pulihkan Lahan
posbelitung.co/Disa Aryandi
Area Hutan Mangrove di RT 06/03 Dusun Gunung Riting, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung yang dilakukan pengrusakan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kerusakan hutan mangrove di RT 06/03 Dusun Gunung Riting, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung di nilai sangat luar biasa. Terdapat belasan hektar hutan mangrove di lokasi tersebut, sekarang ini sudah dirobohkan dengan menggunakan Excavator.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung Edi Usdianto mengatakan, sudah melakukan rapat dan pembahasan lebih lanjut terhadap kerusakan hutan mangrove tersebut.

Setelah melakukan berbagai kajian dan diputuskan, pelaku pengrusak mangrove atau pemilik lahan atau yang bertanggung jawab terhadap lahan tersebut, wajib melakukan pemulihan lahan kembali.

"Mereka wajib menanam kembali mangrove yang sudah mereka rusak itu, jangka waktu yang diberikan sesuai dengan peraturan yaitu 60 hari, terhitung sejak kemarin. Kewajiban mereka sekarang memulihkan kerusakan lahan itu," kata Edi Usdianto kepada posbelitung.co, rabu (11/9/2019).

Untuk proses lebih lanjut terhadap kasus kerusakan mangrove ini, kata Edu-biasa disapa, sekarang ini tinggal melakukan laporan kepada Bupati Belitung, agar meminta petunjuk lebih lanjut.

Namun dari kesimpulan rapat sebelumnya, aktivitas yang ada di area tersebut terlebih dahulu di stop. Sedangkan untuk pemilik lahan, terlebih dahulu untuk mengurus persoalan lahan tersebut, lantaran lahan itu sekarang ini berstatus Peta Indikasi Penundaan Izin Baru (PPIB).

"Walaupun APL, tapi PPIB dan itu merupakan ranah kehutanan provinsi, dan itu harus clear dulu. Kemudian dokumen berita acara pemeriksaan juga, akan kami serahkan kepada Satpol PP nanti untuk penindakan Perda Tibum nya," bebernya.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved