Berita Belitung

Pakai Sepeda MTB, Yuk Cobain Gowes Menuju Gurok Beraye Gunong Tajam

Tiba dilokasi, kalian bisa berfoto dan istirahat sejenak, mandi dan menikmati alam bebas

Pakai Sepeda MTB, Yuk Cobain Gowes Menuju Gurok Beraye Gunong Tajam
posbelitung.co/Disa Aryandi
Sejumlah Gower di Belitung ketika tiba di Air Terjun Gurok Beraye, Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Gunung Tajam merupakan salah satu bukit yang memiliki ketinggian 500 MDPL. Bukit ini berada di Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Biasa pengunjung menuju lokasi wisata ini dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Bukit ini terbilang cukup dekat dari pusat Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Berjarak sekitar 34 kilo meter (km) dari Bundaran Satam Kota Tanjungpandan. Tapi jarak tempuh itu, hanya mencapai bagian bawah Gunong Tajam tersebut.

Sehingga harus berjuang lagi menuju bagian dalam isi Gunung Tajam tersebut. Namun tenang, jalur menuju lokasi wisata perbukitan ini sudah bagus, alias sudah beraspal dan ada satu lokasi yang wajib dikunjungi, yaitu air curuk Gurok Beraye.

Namun, masyarakat Belitung sudah terbiasa menyebut air curuk itu dengan sebutan air terjun. Posisi air terjun tersebut berada di tengah - tengah Gunung Tajam dan sudah menjadi lokasi wisata alam bebas.

Biasa memang orang menuju lokasi ini dengan sepeda motor dan mobil. Nah bagaimana rasa nya apabila menuju lokasi ini dengan menggunakan sepeda alias gowes dari Kota Tanjungpandan?

Tentunya ini bukan perihal yang baru, para gower di Negeri Laskar Pelangi tentu sudah sering mencoba, walaupun jarak tempuhnya cukup jauh, tapi memiliki tantangan tersendiri.

Ingat disarankan, apabila menggunakan sepeda ke Air Terjun Gurong Beraye ini jangan menggunakan sepeda jenis road bike, tapi gunakan lah sepeda jenis MTB atau sepeda jenis Seli.

Ini karena bagian jalan aspal dari bagian bawah Gunung Tajam tersebut menuju ke lokasi air terjun, adalah aspal yang cukup kasar. Sehingga bisa sangat mudah membuat bagian ban sepeda road bike bocor.

Dari kota Tanjungpandan, kalian tidak begitu sulit menuju ke track Gunung Tajam cukup melewati sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Buluh Tumbang, Jalan Raya Manggar dan tiba di Desa Kacang Butor.

Letak Gunung Tajam ini berada dibagian sebelah kanan, dan kalian pasti nanti nya sepanjang perjalanan akan menjumpai tanjakan yang tak tinggi. Ada 3 tandakan yang terbilang landai akan di jumpai selama perjalanan itu.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved